PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI SOSIAL 1 SMA NEGERI 1 PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI

  • TATAG DONI SYAHPUTRA

Abstract

Abstrak

Metode pembelajaran adalah suatu komponen yang mempunyai peranan penting. Metode pembelajaran adalah cara untuk menyampaikan suatu materi agar peserta didik memahami materi yang disampaikan. Metode pembelajaran tutor sebaya adalah salah satu metode pembelajaran dimana yang menjadi tutor bukanlah guru melainkan teman sebaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajarshooting bola basket dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI Sosial 1 SMA Negeri 1 Plemahan dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 37 siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan desain one group pre-test post-test design. Dari hasil analisa menggunakan aplikasi komputer SPSS (Stastitical Product and Service Solutions) versi 22, saat pretest didapatkan nilai rata-rata 5,78, standart deviasi 1,436, serta varian 2,063. Sedangkan saat posttest didapatkan rata-rata 7,73, standart deviasi 1,427, serta varian 2,036. Hasil penelitian ini sebagai berikut 1) adanya pengaruh pada penerapan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar shooting  bola basket, 2) terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode tutor sebaya. Hal ini terbukti dari perhitungan besar pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar shooting bola basket sebesar 33,73%.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Tutor Sebaya, Hasil Belajar

Abstract

In the process of learning method is a component which plays an important role. The learning method is a way to convey the material so that students understand the material presented. Peer tutoring learning method is a method of learning where the tutor is not a teacher but peers. The purpose of this study was to determine the effect and how much influence peer tutoring learning method on learning outcomes shooting basketball in learning physical education, sports and health. Goal of this research is a class XI student of SMAN 1 Social 1 Plemahan by the number of samples taken as many as 37 students. The research is a quasi-experimental, with the design of one group pre-test post-test design. From the analysis using SPSS computer applications (Stastitical Product and Service Solutions) version 22, pretest obtained an average value of 5.78, the standard deviation of 1,436, and 2,063 variants. Meanwhile, when the posttest obtained an average of 7.73, the standard deviation of 1,427, and 2,036 variants. The results of this study as follows 1) the effect of the application of peer tutoring learning method on learning outcomes basketball shooting, 2) there is an increase learning outcomes using peer tutors. This is evident from the calculation of the influence of peer tutoring learning method on learning outcomes shooting a basketball at 33.73%.

Keyword: Learning Method, Peer Tutoring, Learning Outcomes

Published
2017-06-13
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 14