Pengaruh Penggunaan Metode Bagian (Part Method) Terhadap Hasil Lay-Up Kanan Permainan Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas VIII B SMP Lab School Unesa Surabaya)

Authors

  • VICHA FERINASARI

Abstract

Abstrak

Materi bola basket merupakan salah satu permainan bola besar yang diajarkan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Terdapat beberapa keterampilan yang harus dikuasai dalam permainan bola basket yaitu dribble, passing, shooting, pivot, dan lay-up. Banyak kendala yang dialami saat pembelajaran bola basket dengan materi lay-up dikarenakan kurangnya pemahaman peserta didik dalam teknik lay-up. Hal tersebut disebabkan karena pada saat proses pembelajaran PJOK guru tidak menjelaskan langkah demi langkah proses melakukan lay-up, sedangkan lay-up terdapat banyak langkah yang harus dilakukan dengan tepat agar bias menghasilkan sebuah hasil dan kurangnya kreatifitasdan inovasi guru PJOK dalam memilih metode pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran bola basket pada materi lay-up. Metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode bagian (part method) agar peserta didik lebih memahami penjelasaan setiap langkah pada saat melakukan lay-up. Tujuan dari penelitian ini untuk : 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bagian (part method) terhadap hasil lay-up kanan permainan bola basket pada peserta didik kelas VIII B SMP Lab School Unesa Surabaya. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode bagian (part method) terhadap hasil lay-up kanan permainan bola basket pada peserta didik kelas VIII B SMP Lab SchoolUnesa Surabaya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebelum diberikan treatment (pretest) adalah rata-rata 2,71 standart deviasi 0,561 dengan varian 0,314 dan hasil keterampilan lay-up peserta didik kelas VIII B di SMP Lab School Unesa Surabaya setelah diberikan treatment (posttest) adalah rata-rata 3,24 standart deviasi 0,700 dengan varian 0,490. Hasil perhitungan uji T, thitung>ttabel (3,532 > 2,086) dengan demikian sesuai dengan ketentuan jika thitung>ttabel dengan taraf signifikan 5% maka Ha diterima dan Ho diterima dan persentase pengaruh yaitus ebesar 19,55%.

Kata kunci: Metode bagian (part method) dan lay-up kanan permainan bola basket. 

Abstract

Material basketball is one big ball games that are taught in the learning of Physical Education and Health. There are some skills that must be mastered in a basketball game taht dribble, passing, shooting, pivot, and lay-up. Many obstacles encountered when teaching basketball to the material lay-up due to a lack of understanding of learners in a lay-up techniques. This is because during the learning process Physical Education and Health teacher did not explain step by step process of doing lay-up, while the lay-up there are many steps that must be done properly in order to produce a result and a lack of creativity and innovation of teachers Physical Education and Health in choosing learning methods appropriate for teaching basketball on a lay-up material. Appropriate learning methods to overcome this problem is by using part (part method) so students can understand every step at the time of lay-up. The purpose of this study was to: 1) To determine the effect of the use of the methods section (part method) the results right lay-up game of basketball on the learner in class VIII B of SMP Lab School Unesa Surabaya, 2) To determine how much influence the use of the methods section (part method) the results right lay-up game of basketball on the learner in class VIII B of SMP Lab School Unesa Surabaya. The results of this study can be concluded before given treatment (pretest) is on mean 2.71 standard deviation of 0.314 and 0.561 with a variant of the lay-up results of the skills of learners in the class VIII B of SMP Lab School Unesa Surabaya after being given treatment (posttest) is the mean 3.24 standard deviation of 0.700 with 0.490 variant. The results of test calculations T, t>ttable(3.532>2.086) thus comply with the provision that if t>ttable with a significant level of 5%, it is accepted an Ha Ho accepted and the percentage of influence that is equal to 19.55%.

Keyword: Method section (part method) and right lay-up basketball game.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-13
Abstract views: 18 , PDF Downloads: 27