ANALISIS MINAT SISWA KELAS V SD SE-GUGUS III KARANGJATI KECAMATAN KARANGJATI KABUPATEN NGAWI TERHADAP PERMAINAN TEE BALL

  • YANUAR YOSA DEWANGGA

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian pendidikan keseluruhan, pada hakekatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungan yang dikelola melalui aktivitas jasmani secara sistematik menuju pembentukan manusia seutuhnya. Untuk mengembangkan potensi dalam bidang olahraga pendidikan perlu memperhatikan kemampuan, minat dan bakat peserta didik secara menyeluruh dan perlu adanya identifikasi kepada masing-masing siswa, karena dengan mengetahui minat siswa, akan lebih mudah bagi tenaga pendidik untuk membuat kegiatan yang sesuai dengan minat mereka. Permainan Tee Ball terdapat banyak nilai karakter seperti kerjasama, tanggung jawab dan disiplin serta juga terdapat nilai fisik seperti melempar, menangkap, lari dan memukul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa terhadap permainan Tee Ball. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Se-Gugus III Karangjati Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi dengan jumlah populasi 87 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode stastitik kuantitatif. Sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket minat siswa dengan uji validitas 0,246-0,672 dan uji reabilitas 0,876. Hasil analisa statistik didapatkan nilai prosentase minat siswa kelas V SD Se-Gugus III Karangjati Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi terhadap permainan Tee Ball 62,06% termasuk kategori sangat tinggi.

Kata Kunci: Minat Siswa, Permainan Tee Ball

Abstract

Physical Education, Sport and Health are part of the whole education, essentially, the process of interaction between students with managed environment through the systematic physical activity towards the formation of human beings. To develop the potential in the fields of sport education need to notice to the abilities, interests and talents of students as a whole and need  identification to each student, because knowing the interests of students, it will be easier for educators to create activities that appropriate with their interests. In Tee Ball game contain fairy characters values such as cooperative, responsible and discipline that includes physical such as throwing, cathing, running, and hitting. This study intention is to know about student interest toward Tee Ball games. The object of this study are 5th grade elementary school students around III Karangjati cluster Karangjati sub district, Ngawi regency in which population counted around 87 students. This analysis is using statistic quantitative methodology. Furthermore, process of taking sample data is by adopted from student interest questionnaire instrument with validity tested 0,246-0,672 and reliability tested 0,876. Based on the analysis, the result of student 5th grade elementary school student interest around III Karangjati Cluster Karangjati Sub Ngawi Regency toward Tee Ball games 62,06% highest category.

Keywords: Student Interest, Tee Ball Games

Published
2017-06-13
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 29