PENGARUH PENERAPAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR UNDER THE BASKET SHOOT PADA ANAK TUNARUNGU (Studi Pada Siswa Kelas X SMALB Karya Mulia Surabaya)

  • ZAHRONUL NARDE ZEUS

Abstract

Abstrak

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan menuntut guru harus berperan kreatif dan inovatif sehingga di mana sebuah tujuan pembelajaran tersebut tersampaikan secara benar dan tepat. Melihat dari permasalahan di SMK Negeri 1 Sidoarjo yaitu kesulitan yang dialami guru pada saat berkomunikasi dengan siswa tunarungu. Maka peneliti ingin menerapkan suatu alat bantu pengajaran berbentuk multimedia berbasis komputer yang di dalamnya memuat video Sistem Isyarat Bahasa Indonesia. Keberhasilan dalam pembelajaran Under The Basket Shoot dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang memuat tiga aspek antara lain aspek pengetahuan yang diukur menggunakan soal essay, aspek sikap menggunakan skala sikap, dan keterampilan yang diukur menggunakan STO Basket Perminute Test. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-eksperimen) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas Xa dan kelas Xb sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 9 siswa. Dari hasil penelitian secara umum yang dapat disimpulkan bahwa selama 2 kali perlakuan, dengan menggunakan ketiga aspek hasil belajar yang digunakan pada saat pre test  dan post test didapatkan rata-rata mean hasil beajar Under The Basket Shoot adalah 5,77 dan 8,33, standar deviasi 5,14 dan 5,74. Hasil uji statistik didapatkan nilai mean difference = 2,55, Sig = 0,002, berarti pada α (5%) atau 0,05 terlihat ada perbedaan yang signifikan rata-rata nilai mean pre test dan post test. Sedangkan efek pengaruh yang diberikan oleh multimedia berbasis komputer itu sendiri dengan melihat uji-t dependent pada hasil akhir pembelajaran atau mean compaired post test dibagi dengan mean hasil pre test adalah sebesar 44,2%.

Kata Kunci: Multimedia berbasis komputer, Sistem Isyarat Bahasa Indonesia, Under the Basket Shoot.

Abstract

The development of science requires the teachers for having creative and innovative roles as well so that a learning objective is delivered correctly and appropriately. Perceiving the problem exist in SMK Negeri 1 Sidoarjo is that difficulties experienced by teachers in communicating with the deaf students. So that, the researcher wants to implement a teaching tool in the form of computer-based multimedia in which includes video of Indonesia Signaling System. The success in learning Under The Basket Shoot can be seen from the results of student learning which includes three aspects, those are aspect of knowledge as measured using essay questions, aspect of attitude using a scale attitude, and skills that are measured using STO Basket Perminute Test. Type of study used is a quasi-experiment using quantitative descriptive approach. Sampling technique used is purposive random sampling. The subjects for this study are class Xa and Xb as experimental group which in total of 9 students. From the results of research in general can be concluded that for 2 times treatments by using the three aspects of the learning outcomes that are used during the pre-test and post-test, obtained an average mean learning outcomes Under The Basket Shoot is 5.77 and 8.33, the standard deviation 5.14 and 5.74. Statistical test results obtained values of mean difference = 2.55, Sig = 0.002, that means at  (5%) or 0.05 can be seen significant difference of the average value of the mean pre-test and post-test. Whereas the effects of the influence exerted by the multimedia-based computer itself by seeing the t-test dependent on learning outcomes or mean compaired post test divided by the mean of pre-test results is 44.2%.

Keywords: Computer Based Multimedia, Indonesia Signaling System, Under The Basket Shoot.

Published
2017-06-13
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 27