PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN SEPAKBOLA TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASAMANI, OLAHARAGA DAN KESEHATAN
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan modifikasi permainan sepakbola terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA negeri 1 Sooko dengan jumlah empat belas kelas, sampel yang digunakan adalah kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sooko. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga dari empat belas kelas hanya satu kelas yang menjadi sampel penelitian. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2016 hingga terselesaikan selama empat kali pertemuan. Data pada penelitian ini adalah angket motivasi belajar yang telah disediakan oleh peneliti. Pengisian angket dilakukan untuk mengetahui motivasi siswa sebelum dan sesudah peneliti memberikan perlakuan. Diketahui dari hasil analisis t hitung lebih besar dari t tabel atau -6,809>1.313 dan sig 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada peningkatan motivasi siswa sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) pemberian modifikasi permainan sepakbola dapat meningkatkan motivasi belajar sebesar 8,408%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan melalui permainan sepaakbola untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelass X IPS 1 SMA Negeri 1 Sooko.
Kata Kunci : Modifikasi, permainan sepakbola, dan motivasi siswa
Abstract
The purpose of study was to know the influence of applied of football games modification to the students motivation in physical education, sport and health learning in tenth grade of social class X SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto. This population was tenth grade students of SMA Negeri 1 Sooko with fourteen classes. The sample that used was tenth grade of social class X SMA Negeri 1 Sooko. The sample determining used cluster random sampling technique so that from fourteen classess, there was only one class that would be research sample. This research was hold on 14 May 2016 till it solved in fourt times meeting. The data of this research was the questionnare of studying motivation that had been served by the researcher. The filling of the questionnare was done for knowing the students motivation before and after the researcher giving the treatment. From this, knowed from the result t count was bigger than t table or -6,809>1.313 and sig 0,000 < 0,05 so it could be conclude that Ha accepted and it could be said that there was changing of the differentiation significantly to increasing of students motivation before (pre-test) and after (post-test) the treatments of football game could incrase the motivation in study of 8,408%. The conclusion of this is that there is a significant influence through the football game to increase the study motivation in physical education, sport and health to the tenth grade of social class 1 SMA Negeri 1 Sooko.
Keywords : Modification, football game, and students motivation