PENINGKATAN HASIL BELAJAR SMASH PADA BOLAVOLI DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BAGI SISWA SMAN 2 SIDOARJO

  • BELLY FARANDHI

Abstract

Abstrak

Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) di sekolah, secara umum peran guru masih sangat dominan dan siswa masih kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu maka perlu diberikan suatu model pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai subyek belajar yang mana siswa berperan aktif dalam setiap proses pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui permainan bolavoli terkait materi smash diharapkan dapat meningkatkan keterampilan bermain bolavoli dalam pembelajaran PJOK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan dan seberapa besar peningkatan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar smash bolavoli dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif dan desain yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa , yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa ada peningkatan yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar smash bolavoli dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Sidoarjo. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung 18,727 ≥ ttabel 1,685 dengan Sig = 0,000 ≤ α = 0,05  dan terdapat peningkatan 37,65%

Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif tipe TGT, Smash bolavoli, Hasil belajar

Abstract

In physical education learning implementation, sport and health (PJOK) in school, generaly the teachers’s duty still very dominant and students still not too active in learning process. Cooperative learning style Teams Games Tournament (TGT) type is one of appropriate learning style to increase student’s score result. Through the volleyball related with smash subject expect to increase the volleyball’s performance skill in PJOK learning. The purpose of this research is to understand is there any increase and how large the increase cooperative learning style TGT type to volleyball smash learning result in PJOK learning at class X student SMA Negeri 2 Sidoarjo. This research is appearance experiment research with quantitative approachment and using One Group Pretest-Posttes Design. The sample in this research is 40 students, which is 20 male students and 20 female students. This research result is there is an significant increasing in cooperative learninf style application STAD type to volleyball smash learning result in PJOK learning at class X student SMA Negeri 2 Sidoarjo. These things are proved from T-Score count result 18,727 ≥ T-Table 1,685 with Sig = 0,000 ≤ α = 0,05 and there is an increasing about 37,65%.

Keywords : cooperative learning TGT type, volleyball smash, learning result.

Published
2017-06-13
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 117