PENERAPAN PERMAINAN BOLA BASKET MINI UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Buduran, Sidoarjo Tahun Ajaran 2015-2016)

  • ENDANG WARSI ASTUTI

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih. Namun sering kita lihat suatu fakta masih ada beberapa siswa yang pasif dalam pembelajaran di lapangan sehingga pada akhirnya siswa tersebut tidak dapat mencapai tujuan dari pembelajaran. Untuk itu guru harus memberikan materi yang jelas pada peserta didik, dengan cara menyampaikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan modifikasi permainan bola basket mini terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan studi pada siswa kelas VII SMPN 2 Buduran. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan modifikasi permainan bola basket mini terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan studi pada siswa kelas VII SMPN 2 Buduran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung  -1,296 ≤  ttabel 1,684 dengan nilai signifikan 0,203 ≥ taraf signifikan 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan melalui modifikasi permainan bola basket mini untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VII SMPN 2 Buduran.

Kata Kunci: Permainan Bola basket mini, dan Minat Belajar

Abstract

Physical Education and Health is an integral part of the overall education, aims to develop aspects of physical fitness, motor skills, critical thinking skills, social skills, reasoning, emotional stability, moral action, aspects of healthy lifestyles and the introduction of a clean environment. However, we often see the facts are still some students who are passive in learning in the field so that in the end the student is not able to achieve the goal of learning. For that teachers should give a clear material on learners, learning how to deliver creative and innovative in order to be more easily understood by learners.

The purpose of this study  is (1) To determine whether there was an effect of assembling this basket ball mini game modification for result of students activity at learning of physical education, sport, and study health case for students class VII in SMPN 2 Buduran. (2) To determine how much of this assembling modification basket ball mini games for result of students activity at learning of physical education, sports and study health case for students class VII in SMPN 2 Buduran.

Based on this research showed that  thitung  -1,296 ≤  ttabel 1,684 with value    significance 0,203 ≥ significance level 0,05. So in other words it can be concluded that no significant effect modification through the game of basket ball mini to increase students motivation in learning physical education in class VII SMPN 2 Buduran.

Keywords: Basket ball mini Game, and students’ Interests

Published
2017-06-13
Abstract View: 13
PDF Download: 23