PENGARUH PEMBELAJARAN PEER TUTORING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN MATERI BOLA BASKET

  • HAPPY GITA KELANA

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan mata pelajaran yang memiliki fungsi dan peranan dalam peningkatan kemampuan siswa baik dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK), guru belum memberikan pembelajaran dengan metode pembelajaran peer tutoring. Penerapan  metode pembelajaran peer tutoring ke dalam pembelajaran PJOK diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran peer tutoring terhadap hasil belajar PJOK dan seberapa besar pengaruh  terhadap hasil belajar dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan menggunakan desain penelitian one group pre-test post-test design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 11 Surabaya dengan jumlah 10 kelas, sampel yang didapat adalah kelas X Ipa 3 SMAN 11 Surabaya dengan jumlah siswa 40 anak. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling.Hasil penelitian dari instrumen di atas sebagai berikut, dari hasil Kuisioner Formative Class Evaluation (FCE) didapat nilai rata - rata 4 (Baik), pengambilan FCE dilakukan setelah pembelajaran selesai. Kemudian dari hasil Lembar Observer Kelas Dikjasor (LOK) didapat tingkat efektivitas pembelajaran sebesar 56,49% (kategori sedang), pengambilan LOK dilakukan pada saat perlakuan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pemberian metode peer tutoring terhadap hasil belajar pembelajaran PJOK materi bola basket pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Surabaya. Dengan nilai skala rata – rata untuk skala sikap spiritual 3,65 dengan kategori sangat baik dan sikap sosial 3,53 dengan kategori sangat baik untuk kompetensi sikap, kemudian besar peningkatan kompetensi pengetahuan sebesar 74,153%, dan besar peningkatan kompetensi keterampilan sebesar 1,14%.

Kata Kunci : Peer tutoring, hasil belajar, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Bola Basket.

Abstract

Physical education and health are subjects which have function and role in achieving student’s ability in attitude, knowledge, and skill competencies. In the learning of physical education, sport, and health (PJOK), the teachers had not given peer tutoring learning method in the teaching learning process before. The implementation of peer tutoring learning method in the teaching of PJOK learning was expected to achieve the students’ learning result.The purpose of this research is to find out whether there is an effect on peer tutoring learning toward the students’ learning result of PJOK learning or not and to find out how much effect of PJOK learning toward the students’ learning result to the tenth graders of SMAN 11 Surabaya. This research is quasi experimental research by descriptive quantitative and uses one group pre-test post-test design. Population of  this research was tenth graders of SMAN 11 Surabaya and total of the class is 10 classes . The sample of this research was X-ipa 3 class of SMAN 11 Surabaya, total is 40 students. The determination of the sample was used cluster random sampling technique.  The result of this study showed that FCE questionnaire was gained 4 everage percentage, the FCE questionnaire was conducted after the learning process done. Furthermore, the result of Dikjasor Observation Sheet (LOK) was gained the learning effectiveness level 56,49% (moderate category), LOK was conducted when the treatment was done. Based on those result, could be concluded that there is significant effectiveness of giving peer tutoring learning method toward the students’ learning result of PJOK learning basketball to the tenth graders of SMAN 11 Surabaya. By the average scale for spiritual attitude is 3,65 with excellent category and social attitude is 3, 53 with excellent category. Then, the achievement of knowledge competency is 74,153%, and the achievement of skill competency is 1,14%.

Keywords : Peer Tutoring, Learning Result, Physical Education, Sport, and Health, Basketball

Published
2017-06-13
Abstract View: 13
PDF Download: 16