PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR LAY-UP BOLA BASKET

  • IRENE IKA KRISTIANA

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan mata pelajaran yang memiliki fungsi dan peranan yang sangat kompleks dalam peningkatan kemampuan siswa baik dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada pembelajaran lay-up, guru memberikan pembelajaran yang sulit diterima oleh siswa, sehingga hasil belajar yang diharapkan belum tercapai. Penerapan model pembelajaran mandiri dapat dijadikan salah satu cara efektif untuk meningkatkan ketuntasan belajar lay-up bola basket.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran mandiri terhadap ketuntasan belajar lay-up bola basket dan seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran mandiri terhadap ketuntasan belajar lay-up bola basket pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawahan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan menggunakan desain penelitian randomized control group pre-test post test design.. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawahan dengan jumlah 7 kelas, sampel yang digunakan adalah kelas VIII B SMP Negeri 1 Sawahan. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga dari 7 kelas VIII tersebut hanya 1 kelas yang menjadi sampel penelitian. Penelitian ini dilaksankan pada tanggal 27 April 2016 hingga selesai selama 4 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah penilaian kurikulum 2013.

Didapat hasil penelitian dari istrumen di atas sebagai berikut, dari hasil analisis menggunakan paired samples test, diketahui bahwa besar pengaruh pre test dan pengetahuan sebesar , nilai sig ,008 < 0,05 nilai alpha yang post test berarti tada pengaruh  yang bermakna sedangkan pre test dan post test keterampilan memiliki besar pengaruh dengan nilai sig ,044 < 0,05 nilai alpha yang berarti ada pengaruh yang bermakna. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pemberian perlakuan model pembelajaran mandiri terhadap ketuntasan belajar lay-up bola basket pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sawahan. Dengan persentase peningkatan sebesar 2,28% untuk kompetensi sikap, kemudian besar peningkatan kompetensi pengetahuan sebesar 41,66%, dan yang terakhir besar peningkatan kompetensi keterampilan sebesar 27,81%.

Kata Kunci : Model pembelajaran mandiri, ketuntasan belajar lay-up bola basket.

Abstract

Physical education sports and health is the subject having functions and the role of very complex in increasing student ability better than competence attitude, knowlegde, and skills. On learning lay-up, teachers provide learning difficult received by student, so that the result of learning expected has yet to be reached. Application of self-learning model can be one effective way to improve learning completeness lay-up basketball.

The purpose of this study was to determine whether ot on the effect of the application of self learning models to complete learn the lay-up basketball and how much influence the application of learning models independent of learning completeness lay-up basketball in class VIII SMP Negeri 1 Sawahan. This research is an experimental research with quantitative descriptive approach and research design randomized control group pre-test post-test design. Population this research is a student VIII SMP Negeri 1 Sawahan with the amount of seven class, sample used was a class VIII B SMP Negeri 1 Sawahan. The determination of sample using a technique random sampling, so as to from seven class VIII where only one vlass that are samples in research. This research was carried out on 27 april 2016 until all for 4 meeting. An instrument that is used is curriculum assessment 2013. Obtained the result of the study of indtrumen above as follow, from the analysis using paired samples test, be seen that big the influence of pre test and knowledge, value sig, 0,08 < 0,05 post test alpha value which means there is a significant effect, while pre-test and post-test skill has great influence with sig 0,44 < 0,05 value of alpa which would mean there are influence meaningful. Based on these results it can be concluded that there is a significant effect of giving treatment to the independent learning model of learning completeness lay-up basketball in class VIII SMP Negeri 1 Sawahan. With an increasing percentage of 2.28% for the competence of attitude, then the increase in knowledge competency of 41.66%, and the last great skill competency improvement of 27.81%.

Keywords : self learning models, learning completeness lay-up basketball.

Published
2017-06-13
Abstract View: 4
PDF Download: 7