HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 SIDOARJO

  • RANGGA PANUNTUN SEPTYA BUDI

Abstract

Abstrak

Motivasi adalah suatu yang disadari untuk menggerakkan, mengarahkan, dan mempertahankan perilaku seseorang agar terdorong untuk bertindak melakukan sesuatu mencapai tujuan tertentu. Definisi berprestasi adalah perilaku individu yang selalu mengarah atau diarahkan pada upaya untuk mencapai suatu keunggulan. Tujuan berprestasi adalah mendorong individu atau masyarakat untuk giat, tekun, inovatif, dan bertanggung jawab. Jenis penelitian yang digunakan jenis penelitian ini non-eksperimen karena penelitian ini lebih menekankan pada validitas eksternal. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 465 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 sebanyak 39 siswa di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Cara memperoleh data menggunakan angket koesioner. Angket yang digunakan adalah angket motivasi berprestasi siswa dengan jumlah 33 pernyataan, Sedangkan untuk mengetahui hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan menggunakan dokumen berupa nilai hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil keterampilan siswa dalam pembelajaran PJOK tersebut. Hasil analisa menggunakan aplikasi komputer SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 20.00 dan perhitungan manual dapat diketahui untuk rata-rata dari angket motivasi berprestasi siswa yaitu 87,21 dengan standar deviasi sebesar 6,0. Nilai minimum variabel konsentrasi sebesar 75 dan maksimumnya sebesar 98. Sedangkan nilai rata-rata untuk variabel hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yaitu sebesar 87,27 dengan standar deviasi 2,57. Nilai minimum skor hasil belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sebesar 98 dan nilai maksimumnya sebesar 93. Berdasarkan hasil analisa data penelitian menunjukkan dari perhitungan korelasi product moment maka didapatkan nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,414 > 0,316). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar pendidikan jasmani siswa kelas XI IPA 3 SMAN 2 Sidoarjo tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukan dari hasil perhitungan analisis data dengan menggunakan korelasi product moment yang menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel (0,414 > 0,361). 2) Besarnya motivasi berprestasi siswa terhadap hasil belajar pendidikan jasmani pada siswa kelas XI IPA 3 SMAN 2 Sidoarjo tahun ajaran 2015/2016 yaitu sebesar 17,1%.

Kata kunci : Motivasi berprestasi, Hasil belajar pendidikan jasmani.

Abstract

Motivation is a realized that to move, directing, and maintain behavior somebody to keep encouraged to act do something achieve a certain goal. High performing definition is behavior individuals always leads or is directed at an effort to reach a excellence. The purpose of high performing is encourages individual or society to be enterprising, persevering, innovative, and responsible. The type of research used the type of research this non-eksperimen for research this is emphasized on external validity. The population on this research is a student of class XI as much as 465 students. While sample in this research was a student XI IPA 3 as many as 39 students the public SMAN 2 Sidoarjo. Ways to earn data using chief kuisoner. Poll used is motivation poll performed the student with the number of 33 statement, while to know learning outcomes physical education, sports and health use documents learning outcomes of value students who obtained from the results of student skills in learning PJOK. Of the results of the analysis using computer application SPSS statistical (package for the social sciences ) version 20.00 and by manual computerization systems it can be seen to an average of motivation poll high performing students namely 87,21 with a standard deviation as much as 6. Value minimum variable concentration of 75 and maximum of 98. While average point for variable learning outcomes physical education sport and health is as much as 87,27 with standard deviations 2.57. Minimum value scores learning outcomes physical education sport and health of 98 and value maximum rate of 93. Based on the results of data analysis research shows of of the correlation calculations product moment so obtained value rhitung greater than rtabel (0,414 > 0,316). The result of this research is as follows motivation performed well students to study results physical education students XI IPA 3 SMAN 2 Sidoarjo academic year 2015/2016. 2) It can be seen from the calculations on data analysis with employing correlation product moment which indicates that rhitung greater than rtabel (0,414 > 0,361). The motivation achievent students of learning outcomes physical education in a students XI IPA 3 SMAN 2 Sidoarjo a year 2015/2016 a totaling 17,1%.

Keyword ; Motivation achievement, learning outcomes physical education.

Published
2017-06-13
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 47