HUBUNGAN PEMAKAIAN SMARTPHONE TERHADAP AKTIVITAS OLAHRAGA SEHARI-HARI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TRAWAS
Abstract
Abstrak
Seiring berkembangnya smartphone, ternyata situasi psikologi anak juga mengalami reaksi yang beraneka macam. Aktivitas fisik di luar jam pelajaran penjasor sebagai acuan menjadi hal yang tidak biasa dilakukan oleh siswa, sedangkan guru penjasor tidak dapat mengetahui dan memantau secara langsung kegiatan fisik peserta didiknya di luar sekolah, sehingga perlu diadakan pelatihan untuk memberikan wawasan, pengalaman dan pengetahuan ilmu kepelatihan perlu dilakukan dengan pengembangan kompetensi. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang (1) Untuk mengetahui hubungan pemakaian smartphone terhadap aktivitas olahraga sehari-hari pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Trawas. (2) Untuk mengetahui seberapa hubungan pemakaian smartphone terhadap aktivitas olahraga sehari-hari pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Trawas. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitaf. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket / kuisioner smartphone dan angket / kuisioner aktivitas olahraga. Angket / kuisioner ini digunakan untuk memperoleh data kuantitatif yang kemudian dideskripsikan menurut hubungan dari pemakaian smartphone terhadap aktivitas olahraga siswa sehar-hari kelas VIII SMP Negeri 1 Trawas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai korelasi product moment sebesar 0,004. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara pemakaian smartphone terhadap aktivitas olahraga siswa sehar-hari kelas VIII SMP Negeri 1 Trawas.
Kata kunci : pemakaian smartphone, aktivitas olahraga
Abstract
With the growing of technology advance such as smartphones, children’s psychology reactions are different from each other. Physical activities out of physical education lesson to be not usual goal , so physical education teachers wouldn’t be able to monitor students physical activities outside the school. so it is necessary to run a training to give knowledges, experiences as well as coaching skill knowledges for competency development. The objective of this research is to get a description of (1) the relation of using smartphone towards physical education activities on the daily basis of the year 8 students of SMPN 1 Trawas. This research method is descriptive quantitative. The data was collected by using both smartphone and physical education activities questionnaires. These questionnaires are used to get quantitative data that then described to find the relations of using smartphones towards the physical education activities of the year 8 students of SMPN 1 Trawas. The results of this research shows that there is a correlation value of product moment which is 0,004 which means that there is no significant relations between the using of smartphone towards the physical education activities on the daily basis of the year 8 students of SMPN 1 Trawas.
Keywords : smartphone used, physical activities