PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR PASING BAWAH BOLAVOLI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI PLANDAAN JOMBANG
Abstract
Abstrak
Pendidikan jasmani merupakan suatu proses seseorang sebagai individu ataupun anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik, melalui berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh kemampuan dan keterampilan jasmani, pertumbuhan, kecerdasan, dan pembentukan watak atau karakter. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani, berhasil tidaknya pembelajaran ditentukan oleh peran guru sebagai pendidik yang berarti meneruskan dan mengembangkan keterampilan gerak kepada peserta didik, sehingga proses pembelajaran pendidikan jasmani dapat berjalan dengan baik. Didalam pembelejaran banyak metode pembelajaran yang diterapkan agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai gerak dasar pasing bawah bolavoli. Akan tetapi dalam kenyataannnya dan praktik di lapangan masih terdapat banyak siswa yang masih belum paham akan materi yang disampaikan oleh guru. Untuk itu diperlukan sebuah metode pembelajaran lain yang dirancang dengan menggunakan kemampuan teman sebaya pada siswa kelas XI di SMA Negeri Plandaan Jombang. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar pasing bawah bolavoli kelas XI di SMA Negeri Plandaan Jombang ini, dengan jumlah sampel 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar pasing bawah bolavoli pada siswa kelas XI di SMA Negeri Plandaan Jombang yang dibuktikan dari nilai t hitung 3,832 ≥ t tabel 1,697 dengan taraf signifikan 0,001 ≤ signifikan 0,05 sedangkan besar peningkatan diketahui sebesar 16,296 %
Kata Kunci: Metode tutor sebaya, hasil belajar, pasing bawah bolavoli
Abstract
Physical education is a person process as individual or community member which is done consciously or systematically, through various activities in order to get physical ability and skill, growth, intelligence, and character building. In learning physical education, success or failure of learning is determined by teacher’s role as educator which means to continue and develop motor skill of students, so that physical education learning process can work well. In learning, there are a lot of learning methods which are applied in order to improve students’ skill in mastering basic movement of volleyball under-hand passing. However in real life and practice in the field, there are still a lot of students who do not understand the material which is delivered by the teacher yet. Therefore it is needed another learning method which is designed using friend of the same age’s skill in XI graders in SMA Negeri Plandaan Jombang. The purpose of this study are 1) to know is there any influence of peer tutor learning method that is able to improve students’ learning outcomes. 2) to know how much the influence of peer tutor learning method in learning volleyball under-hand passing outcomes to XI graders in this SMA Negeri Plandaan Jombang, with total sample of 30 students which consist of 15 male students and 15 female students. Based on the study that has been done, it can be concluded that there is a significant influence of peer tutor learning method to the learning volleyball under-hand passing outcomes in XI graders at SMA Negeri Plandaan which is proved by the score of counted t is 3,832 ≥ t table is 1,697 with significant extent 0,001 ≤ significant 0,05 meanwhile the influence is known 16,296 %.
Keywords: peer tutor method, learning outcomes, volleyball under-hand passing
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

