HUBUNGAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP AKTIVITAS FISIK (Studi Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 3 Surabaya)

  • YULIAWANDI KURNIAWAN

Abstract

Abstrak

Aktivitas fisik merupakan komponen penting bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari yang dapat menunjang kebugaran fisik. Aktivitas fisik yang kurang akan mengakibatkan dampak yang buruk terutama bagi siswa di sekolah yang dapat menghilangkan semangat belajar, menjadikan siswa mudah lelah jika melakukan sedikit aktivitas dan mengakibatkan siswa rentan terhadap segala penyakit serta mengakibatkan resiko kegemukan (obesitas). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan dan mengetahui seberapa besar hubungan teknologi informasi terhadap aktivitas fisik siswa kelas X di SMK PGRI 3 Surabaya.  Total subyek penelitian ini menggunakan 115 siswa sebagai populasi dan jumlah sampel yang diambil sebesar 30 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan pengambilan data dilakukan dengan memberikan angket penggunaan teknologi informasi dan kartu aktivitas fisik harian. Pengolahan data menggunakan SPSS for windows release 21.0.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan teknologi informasi terhadap aktivitas fisik siswa. Rata-rata teknologi informasi 19,30 dengan nilai terendah 11 dan nilai tertinggi 33 serta standar deviasi sebesar 5,724. Rata – rata aktivitas fisik adalah 21008,00 dengan nilai terendah 5610 dan nilai tertinggi 45660 serta standar deviasinya 10604,780. Hasil analisis koefisien korelasi -.564** dengan nilai signifikan 0,001 < 0.01, yang berarti hubungan antara penggunaan teknologi informasi dengan aktivitas fisik yang signifikan. Besar kontribusi teknologi informasi adalah 31.8%

Kata Kunci : Hubungan, Teknologi Informasi, Aktivitas Fisik.

Abstract

Physical activity is the important component for the human body in the daily life that supported physical healthy. Less of physical activities can caused bad impact, especially for the students in the class, such as loss of passion in study, the students felt exhausted when they are doing some activities, and the students susceptible to illness, also risk of overweight (obesity). This study is aimed to know the relation and how is the relation of information technology to the physical activity of tenth grade in SMK PGRI 3 Surabaya.  The subject of this study is all the students of SMK PGRI 3 Surabaya. There are 115 students and the sample of this study is 30 students. This study is described in qualitative descriptive, and the data collection techniques are questionnaire of the using information technology which is given to the students and student’s daily physical activities card. The data analysis is using SPSS for windows release 21.0. The result of this study showed that there is relation between the using of information technology to the student’s physical activity. The average of information technology is 19,30 with the lowest value is 11 and the highest value is 33 also standart deviation is 5,724. The average of student’s physical activity is 21008,00 with the lowest value is 5610 and the highest value is 45660 alsothe standart deviation is 10604,780. The result of corelation coefficient is -.561** with significant value 0.001 < 0.01. It means that between the using of information technology with student’s physical activity is concluded significant. The information technology contribusion is 31.8%.

Key Words : The Relation, Information Technology, Physical Activity

Published
2017-06-13
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 47