PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MANDIRI BERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS PENDEK BULUTANGKIS (Studi di kelas XI SMA negeri 19 Surabaya)

  • HAYA HAKIKI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dan seberapa besar pengaruh Metode pembelajaran Mandiri Berstruktur terhadap hasil belajar Servis Pendek Bulutangkis siswa kelas XI SMA Negeri 19 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 19 Surabaya yang berjumlah 37 siswa.setiap kelas yang diambil secara cluster sampling, dengan jumlah siswa 30 yang terdiri atas22 siswa putra dan 15 siswa putri. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode pembelajaraan mandiri berstruktur terhadap hasil belajar servis pendek BuluTangkis pada siswa kelas XI SMAN 19 Surabaya. Hal tersebut diukur dengan proses post-test dan pre-test yang diantara prosesnya diselingi dengan treatment. Adapun treatment yang dilakukan yaitu pembiasaan melewatkan shuttle cock diantara shuttle cock lain,pengayunan raket, dan menjatuhkan sloop cock dengan gerakan servis pendek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) terdapat Pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Metode pembelajaran Mandiri Berstruktur terhadap hasil belajar servis pendek Bulutangkis di siswa kelas XI SMAN Negeri 19 Surabaya, yang ditunjukkan bahwa Hı diterima dan Ho ditolak karena nilai Zhitung (-5,043) berada pada zona Hı diterima dan nilai Ztabel (-1,96) berada pada zona Ho ditolak. Jadi artinya ada pengaruh penggunaan Metode Pembelajaran Mandiri Berstruktur terhadap servis pendek Bulutangkis di SMA Negeri 19 Surabaya.52,91%.

Kata Kunci: Metode pembelajaran Mandiri Berstruktur, hasil belajar servis pendek Bulutangkis.

Abstract

This study for to determine the influence is there and how much influence learning method for learning outcomes Structured Self Servis Short Badminton class XI student of Senior High School 19 Surabaya . This research isa quasi experiment research .Population in this study were all students of class XI Senior High School 19 Surabaya which amounted to 37 student. Each class taken by cluster sampling , with 30 students consisting of 22 boys and 15 female student.To determine the effect of using a structured method of learning outcomes in research badminton short service in a class XI student of Senior High School 19 Surabaya. It is measured by the post-test and pre-test between the process interspersed with treatment . The treatment is done is habituation miss the shuttle cock among other shuttle cock, swing racket and dropped sloop cock with a short service movement. The results of this study indicate that ; (1) there is a significant influence in the use of learning methods Independent Unstructured the learning outcomes of short service badminton in class XI student of Senior High School 19 Surabaya Affairs , indicated that Hi Ho accepted and rejected because the value Zhitung (-5.043) are in the Hi zone received and value Ztabel ( -1.96 ) are in the zone of Ho rejected. So that means there is the effect of using Independent Learning Method Structured against short service badminton at Senior High School 19 Surabaya . 52.91 % .

Keywords: method for learning outcomes Structured,Self Servis Short Badminton.

Published
2017-06-13
Abstract View: 10
PDF Download: 14