PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI ANTARA KELAS XI IPA DAN KELAS XI IPS SEKOLAH MAN 2 GRESIK

  • MUHAMMAD TAUFIQURROHMAN

Abstract

Abstrak

Kurikulum yang ada di Madrasah Aliyah Negeri ini tidak jauh berbeda dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) lainnya yang mengadakan penjurusan sesuai minat dan kemampuan siswa, program penjurusannya adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, peneliti memperoleh data bahwa siswa kelas IPS lebih sulit diatur seperti halnya pada saat berganti seragam olahraga mereka terbiasa mengulur waktu dan sering juga tidak menggunakan seragam yang seharusnya pada saat pembelajaran PJOK, dibandingkan dengan siswa kelas IPA yang lebih disiplin waktu dan menggunakan seragam sesuai dengan aturan. Selain itu proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada kelas IPS lebih sulit dikondisikan karena berlangsung pada pukul 08.45 dimana siswa merasa enggan melakukan pelajaran PJOK karena terik panas matahari. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani antara siswa kelas IPA dan siswa kelas IPS. Pada penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Setelah dilakukan perhitungan SPSS nilai rata-rata kelas XI IPA sebesar 10,82 dengan standar deviasi 1,083. Sedangkan pada kelas XI IPS sebesar 11,10 dengan standar deviasi 1,598. Hasil ini dihitung dengan menggunakan perhitungan statistical program for social science (SPSS) versi 20. Hasil perhitungan dengan menggunakan taraf signifikan 5%. Sehingga dengan demikian maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kebugaran jasmani siswa kelas XI IPA dan siswa kelas XI IPS.

Kata Kunci : Tingkat kebugaran jasmani, siswa kelas XI IPA dan siswa kelas XI IPS.

Abstract

The existing curriculum in this Madrasah Aliyah is not too different with the other Senior High School (SMA) that conducts some programs according to student’s interests and abilities, the programs are Science Program (IPA) and Social Program (IPS). Based on observation and interview result, the researcher gets data that social program students are more difficult to be disciplined during the learning process like when they change their uniform, they usually take a long time and often not use sport uniform when the learning occurs, than science program students are more discipline and wear sport uniform. Beside that, the process of Teaching and Learning Activities (KBM) in social studies class is more difficult to conducted because the learning occur at 08.45 a.m, tjis condition make students feel reluctant because of the sun. The purpose of this research is to determine the physical fitness level between science program and social program students. This research is non-experimental research with quantitative descriptive approach. After SPSS calculation, the average score of eleventh grade students from science program is 10.82 with a standard deviation of 1.083. While the average score of eleventh grade students from social program is 11.10 with a standard deviation of 1.598. This result is calculated by using Statistical Program for Social Science (SPSS) version 20. The result is calculated by using 5% of significant degree. Then, Ho is accepted and Ha is rejected. So there is no significant differences of physical fitness level between science program and social program of eleventh grade students.

Keywords : Physical fitness level, science program and social program of eleventh grade students.

Published
2017-06-13
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 183