PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN KECIL TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Pada Siswa Kelas XI SMAN I Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo)

  • Bahar Sahroni

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran jasmani, ketrampilan berfikir kritis, stabilitas emosional, keterampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui aktivitas jasmani dan olahraga. Namun banyak kita jumpai bahwasanya banyak guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan yang mengajar secara monoton kepada siswa dalam pembelajaran karena terbatasnya sarana dan prasarana, sehingga motivasi siswa pada pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan cenderung menurun. Oleh karena itu, alternatif solusinya yaitu dengan memberikan suatu permainan yang belum pernah mereka mainkan, misalnya permainan permainan kecil yang sedemikian rupa agar motivasi belajar siswa dalam pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan bisa meningkat.

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. 2) Mengetahui besarnya Pengaruh Penerapan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kec. Pulung Kab. Ponorogo dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 33 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik kuantitatif deskriptif. Sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket skala likert. Hasil analisa statistik didapatkan thitung sebesar 3,741 ≥ ttabel 1,697 dengan Sig = 0,001 ≤ α = 0,05 yang berarti menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga ada Pengaruh Penerapan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. Besarnya pengaruh penerapan permainan kecil terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran PJOK sebesar 9 %.

Kata Kunci: Permainan Kecil, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Physical, sports and health education is an integral part of the education system as a whole; it is intent to develop aspects of health, physical fitness, critical thinking skills, emotional stability, social skills, reasoning and moral action through physical activity and sport. But many of us have encountered that many teachers of physical, sport and health education who teach their students in a monotonous manner because of the limited facilities and infrastructures, so the motivation of students in physical, sports, and health education lesson tends to decline. Therefore, an alternative solution is to provide a game which never they have played such as small games to motivate the students in physical, sports and health education be increased. The purpose of this research is 1) To know the Effect Application of Small Games to Motivate in Learning Physical, Sport and Health Education for Class XI students of SMAN 1 Pulung, Ponorogo. 2) To know the sum of Influence Application of Small Games to Motivate in Learning Physical, Sport and Health Education for Class XI students of SMAN 1 Pulung, Ponorogo. The goal of this research is the students of class XI in SMAN 1 Pulung, Ponorogo and the number of samples has been taken as many as 33 students. The method of this analysis is using descriptive of quantitative statistical methods. While the process of data collection was conducted using a Likert scale questionnaire. Statistical analysis values obtained tcount 3,741 ≤ ttable 1,697 with Sig = 0,001 ≥ α = 0.05, indicating that H0 is accepted and Ha rejected, so there Effect Application of Small Games to Motivate In Learning Physical, Sport and Health Education in Class XI SMAN 1 Pulung, Ponorogo. The magnitude of the effect of applying a small game to motivate students in learning physical, sport and health education is 9%.

Keywords: Small Games, Motivation of Student Learning

Published
2017-06-13
Abstract View: 4
PDF Download: 7