SURVEI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH INKLUSI SMP NEGERI DI SURABAYA PUSAT (Studi kelas VII)

  • RETNO MUNDI PERTIWI

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan tempat membina generasi muda agar menjadi manusia yang berkualitas di masa depan. Salah satunya dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di sekolah. Tujuan diadakan  penelitian  ini  untuk  mengetahui seberapa  besar  keterlaksanaan pembelajaran  pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan khususnya pada jenjang Sekolah Menengah Pertama.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Oleh sebab itu, peneliti ini menggunakan populasi dan menggunakan angket sebagai instrument pengumpulan data. Terdapat 5 Populasi di wilayah Surabaya setelah dirandom dan yang terpilih adalah Surabaya Pusat. Surabaya Pusat terdapat 4 sekolah inklusi di Surabaya yaitu SMPN 4 Surabaya, SMPN 37 Surabaya, SMPN 43 Surabaya, SMPN46 Surabaya. Penganalisisan data hasil pengisian intrumen kuesioner oleh responden. Terdapat dua responden dalam penelitian ini yakni Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah inklusi di Surabaya Pusat sudah baik dengan presentase 86,86%.

Kata Kunci: Keterlaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di  sekolah inklusi

Abstract

Education is a place to foster the young generation to become a man of quality in the future. One of them in teaching physical education, sport and health in schools. The purpose of this study was to determine how actualized physical education learning and healthy, especially in the junior high school level.

The type of this research is qualitative descriptive. Therefore, researchers use population and using questionnaires as a data collection instrument. The population of this study is the inclusion of four schools in Surabaya, SMPN 4 Surabaya, SMPN 37 Surabaya, Surabaya SMPN 43 and SMPN 46 Surabaya. Analyzing data from the instrument filling the questionnaire by respondents. There are two respondents in this study the headmaster and Physical Education Sports and Health teachers.

The  results  showed  that  actualized  physical  education  learning  and  healthy  in  inclusion  school  at

Surabaya Center has been good with a percentage of 86,86%.

Keywords: actualized Physical Education Sports and Health learning inclusion school

Published
2017-06-13
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 298