PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Teams Games Tournament (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA

  • RIO DANANG SETIAWAN

Abstract

Abstrak

Pembelajaran sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang masuk dalam kurikulum pendidikan di sekolah dasar. Materi sepakbola sendiri terdapat beberapa keterampilan dasar sepakbola, salah satunya adalah keterampilan dribbling atau menggiring. Oleh karena itu, memahami dan menguasai keterampilan dasar dribbling dirasa sangat penting bagi siswa. Dalam pembelajaran penjasorkes terdapat beberapa pendekatan yang dapat diterapkan diantaranya adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Setiap pendekatan pembelajaran memiliki kelebihan dan kelemahan yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, seorang guru harus mampu menguasai materi dan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, sehingga proses pembelajaran lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih baik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dari hasil pretest dan posttest keterampilan dribbling sepakbola menggunakan tes slalom dribble Bobby Charlton dan tes pengetahuan melalui ujian tulis. Dalam penelitian ini menggunakan metode statistik T-Test Dependent dalam SPSS yang memiliki istilah lain yaitu paired samples T-Test. Selanjutnya dihitung T-Test Independent sebagai uji beda untuk mengetahui peningkatan siswa dalam keterampilan dribbling sepakbola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada hasil belajar dribbling sepakbola siswa kelas V SDN Tanjungan Driyorejo Gresik, dibuktikan berdasarkan pada hasil SPSS T-Test Dependent dengan p-value (0.000) < alpha (0.05). (2) model pembelajaran kooperatif tipe TGT memberikan peningkatan sebesar sebesar 37.7% pada aspek pengetahuan sedangkan pada aspek keterampilan sebesar 76.9 % terhadap hasil belajar dribbling sepakbola.

Kata Kunci : Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT), dribbling              

Abstract

Football learning is one of the sport branches that included to elementary school education curriculum.Football matter contained several football basic skill, one of them is dribbling. Therefore, understanding or mastering dribbling basic skill considered very important to student. On physical education learning consisted several approach that applied and one of the, is Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournament (TGT). Every learning approach have advantageous and disadvantageous that can affect learning process and student learning process. Therefore, a teacher must be able to mastering matter and choose appropriate learning model with student characteristic, so learning process more effective and can improve better student learning results. This was a descriptive quantitative research method. Data collected from football dribbling skill pretest and posttest result by applying slalom dribble Bobby Charlton test. In this research applying t-test dependent statistical method in SPSS that have other term namely paired sample t-test. Later, it applied t-test independent as a differ test to found out student improvement on football dribbling learning result. Research result showed that: 1) there was significant effect of Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournament (TGT) to football dribbling learning resulton fifth grade student of SDN TanjunganDriyorejoGresik, it proven based on SPSS T-test dependent value woth p-value (0.000) < alpha (0.05). 2) Cooperative Learning Model Type Teams Games Tournament (TGT) give an increase of 37.7% on the knowledge on the skills of 76.9 % of study results dribbling football

Keywords: cooperative type Team Games Tournament (TGT), football dribbling

Published
2017-06-15
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 93