SURVEI KEMAMPUAN MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI TAHUN AJARAN 2014-2015 (Studi Pada Siswa Kelas IV, V, VI SDN Kutorejo II Kertosono)

  • DANANG KAMAL SETIAWAN

Abstract

Abstrak

Kemampuan motorik (motor ability) memegang peranan yang sangat penting dalam setiap kegiatan manusia. Dengan kemampuan motorik seseorang dapat melakukan semua kegiatan dengan baik. Melalui pendidikan jasmani peserta didik mempunyai kesempatan untuk terlibat secara langsung dalam berbagai pengalaman belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui tingkat kemampuan motorik siswa kelas IV,V dan IV SDN Kutorejo II Kertosono. 2) Mengetahui hasil keseluruhan tingkat kemampuan motorik siswa kelas atas SDN Kutorejo II Kertosono. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas atas (IV,V,VI) SDN Kutorejo II Kertosono dengan jumlah siswa dari kelas IV sebanyak  45 siswa, kelas V sebanyak 38 siswa,kelas VI sebanyak 36 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik deskriptif kuantitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan beberapa tes yang meliputi tes kelincahan, tes koordinasi  mata dan tangan,keseimbangan dan kecepatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwaHasil keseluruhan kemampuan motorik siswa kelas IV,V dan VI SDN Kutorejo II Kertosono dapat dikategorikan sedang dengan rata - rata 200, dengan presentase klasifikasi kriteria kemampuan motorik siswa yaitu: kategori sedang 73,95%

Kata kunci: Kemampuan Motorik, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Motor ability hold very important role in every human activity. By motor ability someone able to executed all activities well. Through physical education students has opportunity to directly engage on various learning experiences. The purpose of this research were: 1) to determine 4,5,6th grade elementary school student’s motor ability of SDN Kutorejo II Kertosono. 2) to determine whole results of  advanced class student’s motor ability of SDN Kutorejo II Kertosono. Research population were advanced class students (4,5,6th graders) of SDN Kutorejo II Kertosono with the amount of fourth grade as many 45 student, fifth grade as many 38 students, sixth grade as many 36 students. Analysis method in this research applied descriptive quantitative statistical method, while data collecting technique conducted by performed several test which covered agility, hand and eye coordination tests, balance and speed tests.  Based on research results it can be conclude thatthe whole results of 4,5,6th grade elementary school student’s motor ability of SDN Kutorejo II Kertosono can be categorized moderate with mean of 200, withstudent’s motor ability criterion classification percentage namely: moderate category 73.95%.

Keywords: motor ability, elementary school student 

Published
2017-06-19
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 365