PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Teams Games Tournament) TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET ( Studi Pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tulangan Sidoarjo)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap ketuntasan belajar shooting bola basket, serta seberapa besar pengaruh pengaruh pembelajaran terhadap ketuntasan belajar. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan rancangan penelitian One Group Pre-test and Post-test Design. Data yang diukur meliputi adanya pengaruh model pembelajaran yang diterapkan serta seberapa besar pengaruh model pembelajaran terhadap ketuntasan belajar siswa yang dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa melalui tes yang diberikan kepada siswa. Penentuan sasaran dilakukan dengan teknik cluster sampling pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tulangan yang berjumlah 34 siswa. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adanya pengaruh pembelajaran terhadap ketuntasan belajar yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan uji T untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh pada pembelajaran yang dilakukan, sedangkan untuk melihat seberapa besar pengaruh pembelajaran terhadap hasil belajar dapat dianalisis dengan menghitung hasil pre-test dan pos-test siswa untuk melihat peningkatan yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah mendapatkan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap ketuntasan belajar shooting bola basket dalam pembelajaran PJOK pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tulangan. Hal ini terbukti dari hasil nilai thitung 22,803 ≥ ttabel 2,03452 dengan Sig = 0,000 ≤ α = 0,05 dan terdapat peningkatan 59,57%.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, TGT (Teams Games Tournament), Bola Basket.
Abstract
This study aims to describe the presence of the effect of cooperative learning model the type of tgt (teams game tournament) towards learning outcomes of shooting a basketball, and how much the effect of cooperative learning towards learning outcomes.This study was Apparent Experiment with the quantitative approach which used One Group Pre-test and Post-test Design.Data that are measured include the presence of the effect of cooperative learning model the type of tgt (teams game tournament) towards learning outcomes of shooting a basketball, and how much the effect of cooperative learning model the type of tgt (teams game tournament) towards learning outcomes of shooting a basketball which can be seen from the improvement of student learning outcomes obtained through tests are given to students. Goal setting is performed eith the cluster sampling technique on a grade VIII in SMPN 1 Tulangan Sidoarjo of 34 students. The methods used in analyzing data the presence of the effect of cooperative learning model the type of tgt (teams game tournament) towards learning outcomes That is by using test normality and the T test to see whether there were any effect the learning done, while to see how much the effect of learning towards a learning outcomes can be analyzed by calculating the results of pre-test and post-test students to see the improvement obtained by the students before and after getting learning. The result showed that there was a significant increase in the implementation of cooperative learning the type of tgt towards learning outcomes of shooting a basketball in PJOK learning on grade VIII SMPN 1 Tulangan Sidoarjo. This is evident from the results of the value tcalculate 2.03452 with ttable ≥ 22.803 Sig = 0.000 ≤ α = 0.05 and there is an increase in 59,57%.
Keywords :Learning models, TGT (Teams Game Tournament), Basketball.