PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE MODELING THE WAY TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR DRIBBLE SEPAKBOLA (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Balongpaggang)

  • EKO FANI AFRIANSYAH

Abstract

Abstrak

Dari hasil pengamatan dan wawancara guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kurangnya efektifitas dalam proses pembelajaran terutama materi sepakbola karena selama ini siswa hanya melakukan permainan sepakbola saja. Guru tidak mengajarkan teknik dasar sepak bola seperti mengumpan bola, menendang bola, menghentikan bola, dan salah satunya menggiring bola. Dengan demikian dapat mempengaruhi hasil ketuntasan belajar dan suasana pembelajaran menjadi tidak kondusif sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam proses belajar.  Salah satu strategi pembelajaran yang akan digunakan dalam penelitian ini menerapkan strategi pembelajaran active learning tipe modeling the way karena dalam pelaksanaannya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengamati model pemain sepakbola dan menerapkan keterampilan yang telah diamati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh penerapan active learnig tipe modeling the way terhadap ketuntasan belajar dribble sepakbola pada siswa kelas X-ISS 1  SMA Negeri 1 Balongpanggang. 2) besarnya pengaruh penelitian itu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain one group pre-test post-test. Subyek dalam penelitian ini kelas X-ISS 1  SMA Negeri 1 Balongpanggang yang berjumlah 27 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran active learning tipe modeling the way terhadap ketuntasan hasil belajar passing sepakbola pada siswa kelas X-ISS 1  SMA Negeri 1 Balongpanggang dibuktikan dengan perhitungan uji T, thitung 15,413 > ttabel  2.056 dengan nilai signifikan 0,00 < taraf signifikan 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun peningkatan dalam penelitian ini yaitu sebesar 69,36 %.

Kata Kunci : Dribble Sepakbola, Active Learning, Modeling The Way

Abstract

From observations and physical education teacher interviews sports and health the lack of effectiveness in the learning process, especially because during the football material students just do football games only. Teachers do not teach the basic techniques of football like pass the ball, kick the ball, stop the ball, and one of them dribble. Therefore, it can affect the outcome of mastery learning and learning becomes conducive atmosphere so that students become less active in the learning process. One of the strategies that will be used in this study apply active learning instructional strategies type of modeling the way for the implementation of the teacher giving students the chance to observe soccer player models and apply the skills that have been observed. This study aims to determine 1) the effect of the application of active learnig type of modeling the way to the soccer dribble mastery learning in class X-ISS 1 SMA Negeri 1 Balongpanggang. 2) the effect of the study. The research is a quasi-experimental design with one group pre-test post-test. The subjects in this study X-ISS 1 SMA Negeri 1 Balongpanggang totaling 27 students. It can be concluded that there is significant influence implementation of the learning strategy of active learning type of modeling the way to mastery learning outcomes dribble football in class X-ISS 1 SMA Negeri 1 Balongpanggang evidenced by test calculations T, thitung 15.413> ttabel 2056 with significant value 0,00 <0.05 significance level then Ha Ho accepted and rejected. The increase in this research that is equal to 69.36%

Keywords: Dribble Football, Active Learning, The Way Modeling

Published
2017-06-19
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 59