PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (Studi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Trenggalek)

  • YUDITYA PUTRA HANDIONO

Abstract

Abstrak

Dalam kegiatan pembelajaran PJOK, hal yang paling penting berkaitan dengan terjadinya proses belajar secara efektif pada siswa adalah kemampuan guru menggabungkan berbagai kondisi belajar ke dalam kegiatan belajar, penggabungan kondisi belajar tersebut dalam bentuk suatu metode pembelajaran. Dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti kepada sumber yang terkait yaitu guru PJOK SMA Negeri 1 Trenggalek menyatakan bahwa untuk materi bola basket khususnya teknik dribble nilai rata-rata siswa adalah dibawah SKL. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah guru masih menggunakan metode pembelajaran langsung yang hanya berpusat pada guru sehingga kurangnya interaksi siswa terhadap materi yang diajarkan menjadikan siswa kurang antusias dan merasa bosan. Dalam hal ini diajukan alternatif dengan memberikan metode pembelajaran problem solving pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran problem solving terhadap ketuntasan hasil belajar dribble bola basket dalam pembelajaran PJOK. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design, dan analisis data menggunakan uji T sampel sejenis. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 1 Trenggalek yang berjumlah 330 siswa yang terbagi dalam 10 kelas. Pengambilan sampel menggunakan sistem cluster random sampling dimana peneliti mengambil sampel sebanyak 10% dari populasi yaitu satu kelas X IPA 1 yang berjumlah 33 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata pretest ketuntasan belajar adalah sebesar 45.0909 dan rata-rata posttest adalah sebesar 75.2121. sehingga terdapat peningkatan ketuntasan dribble bola basket sebesar 66.8%. Dari hasil uji-t didapatkan nilai signifikan 0.000 nilai ini lebih kecil dari alpha (alpha = 0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem solving berpengaruh signifikan terhadap ketuntasan dribble bola basket siswa.

Kata Kunci: Metode Problem Solving, Ketuntasan Belajar

Abstract

In sport lesson activities, the most important thing of the lesson which connected with the effectiveness of learning process on pupils is the teacher ability to combined many learning conditions into learning activities, these combination of learning itself as a result of learning methods. Based from the result of an interview who has been held by the researcher to a sport teacher at SMA NEGERI 1 TRENGGALEK stating that for the basketball material/lesson especially fpor the dribble technique, the average results of the pupils was under the SKL points. This problem was caused by several factors like the teacher still using the direct methods which centerized to the teacher which caused either less antusiasm and bored on the pupils as the result of the lacked participation during the lesson. In this case, the researcher applying some alternative by giving problem solving learning methods to the pupils. The main goal of this research is finding the application effect to the outcome result on a sport lesson. The design of this research were one group pretest-posttest and T-test data analysis for the similar sample. The population of this research was 330 pupils on grade X of SMA NEGERI 1 TRENGGALEK which classifies into 10 classes. For picking the sample, the researcher using cluster random sampling method and took a sample at 10% from 33 pupils of X IPA 1.

 From this research we can conclude that the application of learning methods problem solving significantly affect to the outcome result on pupils dribbling, it showed from the average pretest result at 45.0909 and average posttest result at 75.2121. Based from the result, there are some improvement on dribbling outcome in the value of 66.8%. From T-test, the result is significant at 0.000 this result is smaller than alpha (alpha = 0.05), so the hypothesis can be accepted as there is a different on it.

Keywords: Problem Solving Method, Outcome Result

Published
2017-06-21
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 39