PENERAPAN METODE RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET (Studi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 12 Surabaya)

  • MOCHAMMAD ERFANI AINUR ROHMAN

Abstract

Abstrak

secara umum, fungsi dari pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk mencapai masyarakat yang sejahtera. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut diperlukan sistem pendidikan yang  berkualitas. Dengan cara menciptakan proses  Tujuan dari penelitian ini adalah. Untuk mengetahui pengaruh penerapan   metode resiprokal terhadap hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas X di SMKN 12 Surabaya. Penelitian ini menggunakan Randomized Control Group Pretest-Posttest Desaign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 12 Surabaya dengan sampel kelas X Desain Komunikasi Visual 2 berjumlah 32 siswa. Selanjutnya dari 32 siswa dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari hasil ini selanjutnya dilakukan tes kebermaknaan (signifikansi 0,05) perbedaan antara nilai pre-test kelompok eksperimen dan nilai pre-test kelompok kontrol dengan menggunakan rumus uji t independent. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai uji thitung sebesar 1,19 lebih kecil dari pada ttabel sebesar 2,042. Maka hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis kerja (Ha) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pada nilai pre-test kelompok eksperimen dan nilai pre-test kelompok kontrol. Sedangkan antara nilai post-test kelompok eksperimen dan nilai post-test kelompok kontrol dengan menggunakan rumus uji t independent hasil menunjukkan bahwa nilai uji thitung sebesar 3,30 lebih besar dari pada ttabel sebesar 2,402. Maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan pada nilai post-test kelompok eksperimen dan nilai post-test kelompok kontrol. Selanjutnya dilakukan tes kebermaknaan (signifikansi 0,05) perbedaan antara nilai pre-test kelompok eksperimen dan nilai post-test kelompok eksperimen dengan menggunakan rumus uji t dependent. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai uji thitung sebesar 14,69 lebih besar dari pada thitung  sebesar 1,699. Maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Sehingga dengan demikan Ha yg diajukan peneliti diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan (0,05) dalam penerapan metode resiprokal terhadap hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas X di SMKN 12 Surabaya.

Kata Kunci: penerapan metode resiprokal, hasil belajar siswa kelas x smk.

Abstract

Generally, the function of national education is to develop student’s potential to achieve prosperous state. In order to create those condition it will required qualified education. By creating effective learning process. The aim of this research were. To detect the effect of reciprocal method application to basketball dribble learning result on tenth grade student of SMKN 12 Surabaya. This research applied randomized control group pretest-posttest design. Research population was tenth grade stidents of SMKN 13 Surabaya with sample of students of visual communication design department that amounted of 32 students. Next, from 32 students will be divided to 2 groups, namely experiment group and control group. From this results subsequently will conducted meanness test (signification0.05) the difference between pre-test of experiment and control groups obtained by applied t-independent test formula. Test result showed that the scores of tcount of 1.19 was smaller than ttable as big as 2.042. It means that Ho is received and Ha is rejected. It showed that there is no differences from pre-test of experiment group and post-test of control group. While for post-test of experiment group and control group by applied independent t-test showed result that tcount of 3.30 was smaller than ttable as big as 2.042. It means that Ho is received and Ha is rejected. It showed that there is no differences from pre-test of experiment group and post-test of control group. Next, it will conducted meanness test (signification0.05) the difference between pre-test of experiment and control groups obtained by applied t-independent test formula. Test result showed that the scores of tcount of 14.69 was smaller than ttable as big as 1.699. It means that Ho is received and Ha is rejected. Thus, Ha that proposed by researcher was received and its Ho is rejected. It showed that there was a significant effect (0.05) in the application of reciprocal method to basketball dribble learning result of  tenth grade student of SMKN 12 Surabaya.

Keywords: reciprocal method application, student’s learning result, 10thgrades  vocationalstudent  

Published
2017-06-24
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 33