Evaluasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Keilmuan Pencak Silat Tapak Suci Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surabaya
Abstract
Abstrak
Pendidikan Mata pelajaran keilmuan pencak silat Tapak Suci merupakan salah satu pendidikan di sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan gerak siswa, mengajarkan tentang ilmu beladiri sesuai empat aspek pencak silat yaitu aspek mental spiritual, aspek seni budaya, aspek bela diri, dan aspek olahraga.
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran keilmuan pencak silat Tapak Suci di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya dilaksanakan sebagai intrakurikuler. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif ex post facto yaitu peneliti tidak melakukan manipulasi, atau memberikan perlakuan dalam penelitian. Sampel dalam penelitian ini siswa dari kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penilaian dari proses hasil belajar atau pengalaman belajar yang telah dilakukan peserta didik selama pembelajaran. Jadi peneliti mengevaluasi dari hasil penilaian yang dilakukan oleh guru mata pelajaran keilmuan pencak silat tapak suci selama pembelajaran apakah pembelajaran yang dilakukan sudah berhasil atau belum.
Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan jumlah nilai akhir rata-rata (mean) 81, nilai persentase dengan kategori baik sekali sebesar 56% dan jumlah nilai persentase dengan kategori baik sebesar 44%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa evaluasi hasil belajar mata pelajaran keilmuan pencak silat Tapak Suci di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya pada siswa kelas VIII, mempunyai hasil belajar baik sekali sebanyak 56% dari jumlah sampel siswa yang diteliti dan lebih dominan di faktor psikomotor dari pada faktor lain, ini dibuktikan melalui hasil penelitian yaitu dengan tes wawancara sampel dan pengamatan dari observer serta peneliti, maka dapat dinyatakan bahwa mata pelajaran keilmuan pencak silat Tapak Suci di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya di masukkan kedalam mata pelajaran wajib atau intrakurikuler tujuannya sudah tercapai dan berhasil.
Kata Kunci : Hasil belajar, keilmuan pencak silat tapak suci.
Abstract
Education science subjects martial arts is one of the pencak silat “Tapak Suci” education in schools aimed at developing students motor skills, teachers pencak silat in accordance with four aspects of martial arts that is mental and spiritual aspects, aspects of art and culture, aspects of pencak silat, and sports aspects.
Purpose of this study was to determine the results of the scientific study subjects pencak silat “Tapak Suci” in SMP Muhammadiyah 2 Surabaya implemented as intrakurikuler. Research is a quantitative research using a descriptive approach to ex post facto that the researcher is not manipulation, or provide treatment in the study. Sample in study of class VIII students of SMP Muhammadiyah 2 Surabaya. Instrument used in this study is the use of the process of assessment of learning outcomes or learning experience that has been done learners during learning. So, research evaluated the results of the assessment conducted by teachers of science subjects pencak silat “Tapak Suci” site for learning, whether learning has been successfully performed or yet.
Results obtained can be concluded that the amount of the final value of average (mean) 81, percentage value with excellent category by 56% and number of percentage points by either category by 44%. Thus it can be stated that the evaluation of learning outcomes of subjects of scientific pencak silat “Tapak Suci” in SMP Muhammadiyah 2 Surabaya in class VIII, have learning outcomes either once as much as 56% total sample of students who in careful and more dominant in factor psychomotor than on other factors, this is evidenced by the results of the research is to test the sample interviews and observations of the observer as well as researchers, it can be stated that the subjects of science of pencak silat “Tapak Suci” at SMP Muhammadiyah 2 Surabaya to be put into compulsory subjects or intra objectives are accomplished and successful.
Keywords: learning outcomes, scientific pencak silat “Tapak Suci