Authors

  • MOHAMMAD YUSUF

Abstract

Abstrak

Pengembangan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi, minat dan hasil belajar siswa dirasa penting untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Berdasarkan metode yang cocok dan efektif untuk dilakukan dalam proses belajar mengajar yaitu metode pembelajaran bersama teman, metode tersebut berfungsi untuk meningkatkan motivasi, minat dan hasil belajar siswa. Penggunaan metode yang tepat dan bervariasi akan menjadi motivasi kegiatan belajar mengajar disekolah untuk menjadi lebih efektif dan lebih inovatif sehingga membuat siswa semangat untuk menerima materi dari guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh metode pembelajaran bersama teman terhadap hasil belajar dribble bola basket pada studi kelas X Elektronika 2 SMK Negeri 1 Bangil dalam mengikuti imata pelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dan desain yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design, dimana yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Elektronika 2 SMK Negeri 1 Bangil Pasuruan sebanyak 37 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan sampel 37 siswa. Hasil (pre-test) pada metode pembelajaran bersama teman adalah rata-rata skor 53.3885, standar deviation 4.91571 dengan variance 24.164. Hasil (post-test) pada metode pembelajaran bersama teman adalah rata-rata skor 68.8709, standar deviation sebesar 5.26536 dengan variance sebesar 24.164. Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan dari hasil tes setelah pemberian metode pembelajaran bersama teman pada siswa kelas X Elektronika 2 SMK Negeri 1 Bangil. Sedangkan presentase peningkatan untuk hasil belajar dribble bola basket pada kelompok metode latihan bersama teman yaitu sebesar 29,69%. Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari hasil belajar dribble bola basket bersama teman.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Dribble Bola Basket, Siswa kelas X Elektronika 2

Abstract

The development of learning methods to increase motivation, interests and learning result of the students felt important to get a good learning results. Based on a suitable and effective methods for teaching and learning in the process done i.e. learning methods with your friends, that method works t o improve the motivation, interest and students learning result. The use of appropriate methods and varied will be the motivation of teaching and learning activities in all schools to become more effective and more innovative so as to make spirit of students to receive material from teachers. The goal of this research is to know is there any influence of learning methods with your friends against the learning results basketballs dribble on the study of class X of Electronics 2 SMK Negeri 1 Bangil in following  PJOK subject. This research is research pre design and experiments used is One Group Pretest-Postest Design, which became the sample in this research is the class X of Electronics 2 SMK Negeri 1 Bangil Pasuruan as many as 37 students. Based on the results of the research conducted with a sample of 37 students. Results (pre-test) on the method of learning with friends is the average score 53.3885, standard of  deviation 4.91571 with variance 24,164. The results of the (post-test) on the method of learning with friends is the average score 68.8709, standard of deviation  5.26536 with a variance in the amount of 24,164. Therefore, there is a significant influence of the test results after giving  the learning methods with friends to the students of X of Electronics 2 SMK Negeri 1 Bangil. While the percentage increase for basketball dribble learning result on the group of exercise with friends methods is in the amount of 29,69%. Based on the above explanation then it can be concluded that there are the influences from the learning results of the basketball dribble with your friends.

Keywords: Learning methods, Dribble a basketball, Students of class X Electronic2

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-24
Abstract views: 67 , PDF Downloads: 156