PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TERHADAP PENDIDIKAN KESEHATAN DI SMA DAN MA SE-KECAMATAN SOOKO
Abstract
Abstrak
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) memiliki peran dan kontribusi dalam menanamkan nilai-nilai kesehatan melalui pendidikan. Salah satu usaha dalam mencapai kesehatan adanya peran guru untuk memberikan pendidikan kesehatan pada siswa. Senada dengan itu guru memiliki peran penting dalam usaha kesehatan khususnya guru PJOK. Oleh karena itu dilakukan survei tentang peran guru PJOK terhadap pendidikan kesehatan di SMA dan MA se-kecamatan Sooko.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar peran guru PJOK terhadap pendidikan kesehatan di Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah se-kecamatan Sooko. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian non-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan dalam penelitian ini besar populasi adalah semua guru PJOK yang mengajar di SMA dan MA se-kecamatan Sooko sebesar 15 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket yang kemudian diisi oleh guru PJOK sebagai responden.
Berdasarkan hasil data angket untuk guru PJOK diketahui bahwa peran guru PJOK terhadap pendidikan kesehatan di SMA dan MA se-kecamatan Sooko mendapat kategori sangat baik 80% dan baik 20% dengan rata-rata 83,47%.
Kata Kunci: Peran guru, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, pendidikan kesehatan.
Abstract
Physical, sport, and health education has important purpose in health education. It has a significant role and contribution to infuse values of health through education. One of the efforts in achieving health is the role of teachers to provide health education to students . The same with that, teachers have an important role in health business especially physical education teachers. Hence, the researcher surveyed about the role of physical teachers to health education in senior high school and madrasah aliyah of Sooko. The purpose of this research is to find out how big the role of physical education teachers to health education in senior high school and madrasah aliyah in Sooko. This research is non-experimental research that using quantitative approach. The population in this research was all of physical education teachers who taught in senior high school and madrasah aliyah in Sooko. The data collection technique obtained from questionnaire which then filled by physical education teachers as respondents. Based on the results of data showed that the role of physical education teachers to the health education in senior high school and madrasah aliyah in Sooko was very good 80 % and good 20 % with an average 83,47 %.
Keywords: the role of teachers, physical, sport, and health education, health education