PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET (Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Pamekasan)

  • RIZKY

Abstract

Abstrak

Model pembelajar an pada saat ini perlu adanya variasi seperti model pembelajaran picture and picture. SMP Negeri 4 Pamekasan adalah salah satu sekolah yang mengutamakan prestasi akademik dan non akademik, sehingga menuntut guru untuk memberikan model pembelajaran yg baru dan belum pernah diberikan kepada siswa. Model pembelajaran yang baru diharapkan lebih mudahdi mengerti oleh siswa sehingga mereka dapat memperoleh hasil belajar yang baik. Maka dari itu pada penelitian kali ini saya ingin mencoba model pembelajaran picture and picture.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perngaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Pre experimental design dengan model penelitian one group pretest-posttest design. Populasidalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPNegeri 4 Pamekasan. Besar populasi 14 siswa dan sampel diambil dengan teknik claster random sampling.Instrumen penelitian menggunakanone group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa nilai pre-test rata-rata siswa kelas VIIIsebesar 13.21 dengan standar deviasi 1.452. Sedangkan pada nilai post-test didapat nila irata-rata 13.26 dengan standar deviasi 2.049. Dengan perhitungan menggunakan statistical program for social science (SPSS). Hasil perhitungan dengan menggunakan taraf signifikan 5%. Sehingga dengan demikian maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jadi tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan nilai post-test pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Pamekasan.

Kata Kunci: Pengaruh model pembelajaran picture and picture.

Abstract

Model learners at this point the need for variations such as learning model picture and picture. SMP Negeri 4 Pamekasan is one of the schools that promotes academic and non academic achievement, so it requires teachers to provide learning model that is new and has never been given to students. The new model of learning that is expected to be easier easily understood by the students so that they can obtain good learning outcomes. Therefore in the present study I want to try learning model picture and picture. This study aims to determine perngaruh learning model picture and picture on learning outcomes dribble a basketball in grade VIII SMP. This study is a Pre experimental design research model with one group pretest-posttest design. The population in this study were students of class VIII SMP Negeri 4 Pamekasan. Large population of 14 students and a sample is taken with claster random sampling technique. The research instrument used one group pretest-posttest design. Based on this research, it is known that result pre-test average eighth grade students at 13:21 with a standard deviation of 1,452. While the post-test values ​​obtained average value with a standard deviation of 2,049 13:26. By using a statistical calculation program for social science (SPSS). The result using the significant level of 5%. Thus then Ho is accepted and Ha rejected. So there is no significant difference between the pre-test and post-test score in the eighth grade students at SMP Negeri 4 Pamekasan.

Keywords: Effects of learning model picture and picture

Published
2017-06-24
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 32