PENGARUH PENGGUNAAN METODE BAGIAN (PART METHOD) TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET (Studi Pada Peserta Didik Kelas VII A di SMP Negeri 2 Sumenep Tahun Ajaran 2016/2017)

  • SAVIRA SURYANI

Abstract

Abstrak

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani serta memberikan variasi gerak motorik. Bola basket adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan, masing-masing grup memiliki lima orang pemain. Keikutsertaan pelajar di kompetisi non akademik atau perlombaan olahraga bola basket sebenarnya masih belum bisa dikatakan sebagai tolak ukur prestasi dan pencapaian hasil belajar dari teknik-teknik dasar bola basket dimana materi yang diajarkan pada peserta didik. Sebelum mempelajari teknik - teknik dasar permainan bola basket yang baik, sangat dibutuhkan teknik mendasar yaitu dribble. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode bagian (part method) terhadap hasil belajar dribble bola basket dan seberapa besar peningkatan pengaruh penggunaan metode bagian (part method) terhadap hasil belajar dribble bola basket. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Design. Dalam desain ini tidak ada kelompok kontrol dan subjek tidak ditempatkan secara acak. Sampel penelitian adalah kelas VII A SMP Negeri 2 Sumenep yang terdiri dari 14 siswa dan 18 siswi. Cara memperoleh data dengan cara melakukan pre-test, perlakuan dan post-test yang dilakukan 4 kali pertemuan. Dari hasil analisa menggunakan aplikasi komputer SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 21 dapat diketahui hasil pre-test dari 32 peserta memiliki rata-rata 35,32 nilai standar deviasi 27,64 dan nilai varian 764,35. Sedangkan untuk hasil post-test dari 32 peserta memiliki rata-rata 59,52 nilai standar deviasi 23,45 dan nilai varian 549,99. Dari hasil tersebut diperoleh nilai thitung > ttabel (8,248 > 2,042) dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05, maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam Uji Paired Sample T-Test, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya ada pengaruh yang dari hasil tes setelah pemberian treatment dengan nilai persentase sebesar 68,51% pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Sumenep.

Kata Kunci : Metode Bagian (part method), Dribble, Bola Basket

Abstract

Education of Sport Physical and Health aims to increase physical fitness and give some variations in motor movement. The basket ball is a sports game which is played by two opposing groups, each of groups have five players. The participation of students in non-academic competitions or basket ball event actually still can’t say as a benchmark of achievement and result of studying of the basic techniques basketball are studied by students. This matter is caused the way learning basic technique basketball felt quite difficult. Before learning a good basic techniques basketball, much needed basic techniques is dribble. The purpose of this research is investigate the effect of use part method to result study dribble and how big increase in influence use part method to result of learning dribble basketball. This kind of research using quasi-experimental a quantitative approach. The research used in this study is One Group pretest-posttest design. In this design there is no control group and the subject is not placed randomly. Sampless are class VII A consists of 14 male and 18 female students. How to obtain data by doing treatment pre-test and post-test were performed 4 times. Results of the analysis using SPSS version 21 can be seen the pretespf the 32 participants had an average 35.32 standard deviation 27.64 and variance 764.35. while for posttest result of the 32 partcipants had an average 59.52 standrd deviation 23.45 and variance 549.99. From the results obtained by vale (tcount)>(ttable) (8.248 > 2.042) with a significance level of 5% or 0.05, then the appropriate basis for a decision in paired samples T-Test, it can be cocluded Ha accepted and Ho rejected, which means there is the influence of test results after treartment with a percentage of 68.51% in students of class VII A SMP Negeri 2 Sumenep.

Keywords : Part method, Dribble, Basketball

Published
2017-06-24
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 284