PENERAPAN PERMAINAN KECIL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS V SDN BABATAN 5 KECAMATAN WIYUNG SURABAYA

  • TAMARA WIDYA NURKUSUMA

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan adalah suatu pendidikan yang menuntut siswa untuk bergerak secara aktif dengan pembelajaran yang menyenangkan agar dapat mencapai tujuan olahraga yaitu meningkatkan kebugaran jasmani pada siswa. Namun banyak kita jumpai bahwa banyak guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang mengajar secara monoton kepada siswa dalam pembelajaran karena terbatasnya sarana dan prasarana, sehingga motivasi siswa pada pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan cenderung menurun. Oleh karena itu, alternatif yang diberikan yaitu dengan memberikan suatu permainan yang baru, misalnya permainan rajawali mengejar anak ayam, bermain angka ganjil genap, dan estafet bola pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan agar siswa lebih termotivasi dan senang dalam pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan kecil terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, pada siswa kelas V SDN Babatan 5 Surabaya 2) Mengetahui besarnya pengaruh penerapan permainan kecil terhadap motivasibelajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, pada siswa kelas VSDN Babatan 5 Surabaya. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Babatan 5 Kecamatan Wiyung Surabaya  dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 42 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi belajar siswa. Hasil analisa statistikdidapatkan nilai nilai thitung 1,026 < ttabel 1,677  dengan Sig =0,311 > α = 0,05 yang berarti menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, sehingga tidak ada pengaruh pada penerapan permainan kecil terhadap motivasi belajar siswa dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada siswa kelas V SDN Babatan 5 Kecamatan Wiyung Surabaya.

Kata Kunci: Permainan Kecil, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Physical education is a subject that demands the student to move actively with pleasant learning in order to complete the purpose of sport is increasing body fitness of student. However, some of physical education teachers teach the student monotonous during education activity because the limited of facilities and infrastructures with the result that the student motivation toward physical education is decreasing. Furthermore, the alternative solution is with giving the newest games that have never played before, for instance; hawk chase after chicken game, odd even numbers game, and ball relay game in physical education activity in order to increase the student motivation and feel pleasant in the activity. The purpose of this study are 1) To know the influence of small games toward student study motivation toward physical education for 5th grade student Babatan V Elementary School Surabaya 2) To find out the magnitude of influence in small games implementation toward student study motivation toward physical education for 5th grade student Babatan V Elementary School Wiyung Sub District Surabaya with total sample used as many 42 students. The research methodology used descriptive quantitative approach. In addition, the data taking process used student study motivation questionnaire. The statistic result obtained coefficient coefficientcount1,026 <ttable1,677 with Sig =0,311> α = 0,05 means that H0 accepted and Ha rejected, with the result that there is no influence the implementation of small games toward student study motivation in physical education 5th grade student Babatan V Elementary School Wiyung Sub District Surabaya.

Keywords: Small Game, Students Motivation 

Published
2017-06-24
Abstract Views: 146
PDF Downloads: 211