PENGARUH PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP AKTIVITAS GERAK SISWA DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sidoarjo)

  • YOHANES DADI NGERA

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan bagian penting dari sistem pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu pelaksanaan pendidikan jasmani harus diarahkan pada pencapaian tujuan tersebut. Dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani guru harus dapat mengajarkan berbagai keterampilan dasar, sehingga guru dituntut untuk lebih kreatif dalam memberikan mata pelajaran pendidikan jasmani. Seorang guru harus bisa menciptakan sesuatu yang baru atau memodifikasi yang sudah ada untuk dapat disajikan semenarik mungkin sehingga anak didik merasa senang ketika mengikuti pelajaran pendidikan jasmani. Dalam pelaksanaan proses pelajaran pendidikan jasmani, pemberian modifikasi pembelajaran melalui pendekatan bermain adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan. Dalam penelitian dikaji tentang pengaruh pendekatan bermain terhadap peningkatan aktivitas gerak siswa pada siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Sidoarjo.Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan aktivitas gerak siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sidoarjo (2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas gerak siswa dala mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Di dalam penelitian ini terdapat dua variabel yang terdiri dari variabel bebas yaitu  aktivitas gerak dan variabel terikat yaitu pendekatan bermain. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian menggunakan pedometer. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Sidoarjo, sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 33 siswa kelas VII. Analisis data menggunakan t-test untuk sampel sejenis.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui nilai rata-rata dan standar deviasi hasil belajar aktivitas gerak  antara pre-test dan post-test. Rata-rata hasil belajar aktifitas gerak siswa pada pre-test adalah 840,94 dengan standar deviasi 58,787. Post-test didapat rata-rata hasil belajar aktifitas gerak siswa adalah 1456,67  dengan standar deviasi 168,353. Terlihat nilai mean perbedaan antara pre-test dan post-test adalah 615,727 dengan standar deviasi 182,971. Berdasarkan hasil uji statistik didapatkan nilai 0,000 maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test adalah  sebesar 73,2 %. Jadi pendekatan bermain memberikan pengaruh yang signifikan  terhadap peningkatan aktivitas gerak siswa pada siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Sidoarjo.

Kata kunci : pendekatan bermain, hasil belajar dan aktifitas gerak

Abstract

Physical education is basically the important part of educational system in its entirety. Therefore in the implementation of physical education has to be directed to the goal achievement. In the process of physical education learning, teacher has to teach various basic skills. A teacher is required to be more creative in giving physical education lesson. A teacher must be able to create something new or modify the existing ones that can be presented as interesting as possible, so the students feel happy as they follow physical education lesson.In the implementation process of physical education lesson, giving some modification lesson through game approaching is one of smart option to do. In the study, the researcher examines the implementation of game approaching to the student physical activity enhancement of the students in the class of VII B SMP Negeri 3 Sidoarjo. The aims of the study are: (1) To acknowledge whether game approaching could increase the student physical activities in the following of physical education learning for students in the class VII B SMP Negeri 3 Sidoarjo. (2) To acknowledge how much the enhancement of student physical activity is in the following of physical education learning for students in the class VII B SMP Negeri 3 Sidoarjo. The kind of used research method is quasi experimental method with quantitative as a research design. In the research there are two variables, the free variable is related to physical activities and bound variable related to game approach. The kind of used research instrument is operating pedometer. The population in the research is the students of SMP Negeri 3 Sidoarjo, whereas the sample is taken by applying cluster random sampling technique. The sample of the research is 33 students in the class VII B SMP Negeri 3 Sidoarjo. The data analysis uses T-Test for similar sample.Based on the result, it can be known that the average value and the standard deviation of the physical activity learning results between the pre test and post test. The average of physical activity learning results in the pre test is 840,94 with standard deviation 58,787. Through the post test, it’s found the average of physical activity learning results 1456,67 with standard deviation 168,353. It’s seen that the different average value is 615,727 with standard deviation 182,971. Based on the statistic test, we got point 0,000. It can be concluded there is significant difference between pre-test and post-test is about 73.2 percents.So the game approach gives the significant influence to physical activity enhancement of students in the class of VII B SMP Negeri 3 Sidoarjo.    

Keywords: game approach, learning outcomes and physical activity

Published
2017-06-24
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 80