Abstract
Abstrak
Pembelajaran merupakan suatu usaha yang amat strategis untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Salah satu penyampaian pengajaran yang kreatif dan inovatif adalah dengan cara memodifikasi sebuah pembelajaran agar lebih menarik serta membuat siswa menjadi antusias dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Permasalahan yang saat ini mucul adalah siswa kurang nyaman ketika dihadapkan dengan alat standart seperti bolabasket. Siswa mengeluh karena bola yang dipakai terasa berat saat melakukan tehnik shooting. Sehingga diperlukan teknik modifikasi dalam permainan ini.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran dengan menggunakan modifikasi bola basket terhadap motivasi siswa pada siswa kelas X SMK Negeri 10 Surabaya.Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design, dengan populasi siswa kelas X SMK Negeri 10 Surabaya yang berjumlah 342 siswa dan menggunakan sampel siswa kelas X Ak3 SMK Negeri 10 Surabaya yang berjumlah 39 yang diambil dengan cara menggunakan teknik Cluster Random Sampling.Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan selama 4 kali pertemuan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa dari hasil penelitian pengaruh pembelajaran dengan menggunakan modifikasi bolas basket bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan modifikasi bola basket terhadap motivasi siswa dengan peningkatan sebesar 3,35%.
Kata kunci : modifikasi pembelajaran, motivasi siswa, shooting, bola basket.
Abstract
Learning is a very strategic effort to achieve the expected goals. One of delivering creative and innovative teaching is a way of learning to modify a more attractive and to make students become enthusiastic in following the teaching of physical education, sports and health. The problem that is currently emerging is that students are less comfortable when confronted with standard tools such as ball on basketball game. Students complained that the ball that is used when shooting is so hard. Because of that, modifications technical in this game is needed.The purpose of this study is to determine the effect of learning by using a modified basketball on the students motivation in class X SMK Negeri 10 Surabaya. This research design one group pretest-posttest, the population are students of class X SMK Negeri 10 Surabaya totaling 342 and using samples of class X AK3 SMK Negeri 10 Surabaya, with the number 39 were taken by using cluster random sampling technique.Based on research, that has been done during the 4th times, researchers can conclude that the results of research on the effect of learning by using a modified basketball that there is a learning effect using a modified basketball on the motivation of students with an increase of 3.35%.
Keywords :learning modification, student motivations, shooting, basketball.