PENINGKATAN MOTORIK KASAR PADA ANAK AUTISTIK HIPOAKTIF MELALUI SENAM IRAMA DI SLB ARYA SATYA HATI PASURUAN

  • FIRDA AULIA

Abstract

Abstrak

Aktivitas motorik kasar merupakan keterampilan gerak dengan melibatkan sejumlah kelompok otot-otot besar sebagai dasar utama gerakannya, seperti menggerakan kepala, lengan, berlari, melompat, berjalan dan meloncat. Anak autistik hipoaktif memiliki gangguan kurang aktif dalam menggerakan anggota tubuhnya, seperti kesukaran dalam keseimbangan, kesukaran dalam berjalan, kesukaran dalam bergerak, kesukaran dalam mengendalikan gerakan-gerakan jari-jemari tangan dan lain - lain sehingga dalam pembelajarannya membutuhkan rangsangan yang dapat mendorong anak untuk dapat meningkatkan motorik kasar. Salah satu rangsangan tersebut adalah dengan menggunakan senam irama. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggerakan anggota tubuh yang menggunakan otot-otot besar serta memotifasi anak autistik hipoaktif untuk bergerak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian subjek tunggal dengan desain A-B.  Pengumpulan data yang digunakan adalah tabel observasi dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul dari hasil pengamatan dianalisis dengan statitisik deskriptif sederhana yaitu menggunakan komponen analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi. Hasil analisis visual dalam kondisi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa persentase stabilitas pada kondisi baseline (A) adalah 20 % dengan rentang stabilitas 0-14 dan persentase stabilitas pada kondisi intervensi (B) adalah 85,71 % dengan rentang stabilitas 29-43. Hal ini berarti terjadi peningkatan pada grafik intervensi (B). Sedangkan analisis visual antar kondisi menunjukkan bahwa persentase overlap adalah 0%. Semakin kecil persentase overlap, maka semakin baik pengaruh intervensi (B). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat peningkatan motorik kasar pada anak autistik hipoaktif  melalui senam irama di SLB Arya Satya Hati Pasuruan.

Kata Kunci: Motorik Kasar, Autistik, Senam Irama

Abstract

Gross motor activities are skills motion involving a number of large muscle groups as the main basic movements, like moving heads, arms, running, jumping, running and hopping. Autistic children hypoactive  have a problem in the less active in moving his limbs, such as difficulty in balance, difficulty in walking, difficulty in moving, difficulty in controlling the fingers movements of the hand and the other so that the learning require stimulation to encourage children to be able to improve the gross motoric. One of these stimuli is by using rhythmic gymnastics. The purpose of this research is to move the limbs that use the large muscles and motivate the hypoactive autistic child to move. This research use single-subject research type with A-B design.  Data collection that is used a table of observation and documentation. The data collected from the observations were analyzed with simple descriptive statistic as using visual analysis component under conditions and inter-state visual analysis. The results of visual analysis of the conditions in this study showed that the percentage of stability in condition baseline (A) is 20% with a range of stability 0-14  and percentage of stability in the intervention condition (B) is 85,71% with a range of stability of 29-34. This means an increase in intervention graphic (B). While inter-state visual analysis showed that the percentage of overlap is 0%. The smaller the percentage of overlap the better the effect of the intervention (B). It is concluded that there is an increase in gross motor skills in children with hypoactive autism  through rhythmic gymnastics in SLB Arya Satya Hati Pasuruan.  

Keywords:  gross motoric, Autistic, Rhythmic Gymnastic

Published
2017-06-24
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 287