HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK IBU (PENDIDIKAN, PEKERJAAN, PENGETAHUAN TENTANG GIZI) DENGAN STATUS GIZI SISWA SDN SAWAHAN I SURABAYA

  • KARNI NURLIANA SAHRAINI PUTRI HUTAURUK

Abstract

Abstrak

Permasalahan mengenai gizi merupakan salah satu masalah pokok masyarakat dari dulu sampai sekarang. Anak sekolah merupakan kelompok yang menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat sehingga membutuhkan perhatian untuk kondisi kesehatannya. Status gizi yang dipengaruhi oleh masukan zat gizi, secara tidak langsung dipengaruhi oleh karakteristik ibu yang nantinya akan menentukan keadaan gizi dari anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik ibu yang dalam hal ini berupa karakteristik pendidikan, pekerjaan, dan pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi siswa SDN Sawahan I Surabaya. Jenis penelitian ini adalah non eksperimen dengan desain penelitian korelasional yang menghubungan tiga variabel bebas dengan satu variabel terikat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 174 siswa dari siswa kelas I sampai siswa kelas VI dengan menggunakan teknik pengambilan sampel multistage random sampling yaitu gabungan stratified random sampling dan cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan pengukuran antropometri dan penyebaran angket. Uji statistik yang digunakan adalah analisis univariat, chi-square dan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan ibu terbanyak adalah pendidikan menengah (53,4%), pekerjaan ibu terbanyak adalah sebagai ibu rumah tangga (54,0%), pengetahuan ibu rata-rata baik (74,7%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pendidikan Ibu dengan status gizi siswa dengan nilai signifikan sebesar 0,004 < 0,05, maka Ha1 diterima dan Ho1 ditolak. Tidak ada hubungan antara pekerjaan ibu dengan status gizi siswa dengan nilai signifikan sebesar 0,106 > 0,05, maka Ho2 diterima dan Ha2 ditolak. Tidak ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi siswa dengan nilai signfikan sebesar 0,684 > 0,05, maka Ho3 diterima dan Ha3 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara pendidikan, pekerjaan, dan pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi siswa dengan nilai signifikan sebesar 0,071 dan kontribusi ketiga variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 8,0%.

Kata Kunci: Karakteristik ibu, Status Gizi

Abstract

Issues concerning nutrition is one of the fundamental problems of society from the beginning until now. Student is the group that shows the growth and progress very rapidly and thus require attention to his health condition. Nutritional status is influenced by inputs of nutritients, have been indirectly affected by mother characteristics that will determine the nutritional status of children. The purpose of this study was to determine the correlation between mother characteristics that in this case a characteristics of education, employment, and knowledge of mother about nutrition with nutrition status of students SDN Sawahan I Surabaya. This type of research is non experimental and the design is correlation linking the three independent variables with the dependent variable. The sample in this research amounted to 174 students ranging from grade 1 until grade 6. This research uses a sampling technique by means of multistage random sampling that combined stratified random sampling and cluster random sampling. Data were collected with anthropometric measurements and questionnaires. The statistical test used was the univariate analysis, chi-square, and logistic regression. The results showed that the highest maternal education is secondary education (53,4%), most mother  job was a housewife (54,0%), mother knowledge average well (74,7%). The results showed that there is a correlation between mother education with nutritional status of student with significant value for 0,004 < 0,05, then Ha1 accepted  and Ho1 was rejected. There is no correlation between mother employment with nutritional status of student with significant value for 0,106 > 0,05, then Ho2 accepted and Ha2 was rejected. There is no correlation between knowledge of mother about nutrition with nutritional status of student with significant value for 0,684 > 0,05, then Ho3 accepted and Ha3 was rejected. It can be concluded that there is no correlation between education, employed, and knowledge of mother about nutrition and nutritional status of students with significant value for 0,071 and contribution of the three independent variables on the dependent variable of 8.0%.

Keywords: Maternal Characteristics, Nutritional Status

Published
2017-06-24
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 324