SURVEI TINGKAT PEMAHAMAN GURU PJOK TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 REVISI MATA PELAJARAN PJOK DI  SMP, SMA SEDERAJAT SE-KECAMATAN DAWARBLANDONG MOJOKERTO TAHUN 2017

  • IKAK KRISDIANTO

Abstract

Abstrak

Guru berperan penting dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik, serta memiliki integritas dan kreatifitas yang luas. Sebagai guru dalam bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada kurikulum 2013 revisi guru dituntut untuk mampu mengaplikasikan materi ke dalam bentuk Tematik Integratif, yaitu model pembelajaran yang diarahkan pada pendidikan karakter dan mengintegrasikan isi pembelajaran dengan mata pelajaran lainnya. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman guru PJOK terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 revisi mata pelajaran PJOK di SMP, SMA Sederajat Se-Kecamatan Dawarblandong Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah non eksperimen, serta kuesioner sebagai alat pengumpulan data, yaitu Monitoring dan Implementasi Kurikulum 2013 revisi dan pengamatan terhadap guru PJOK, analisis data dalam penelitian menggunakan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru PJOK terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 revisi di SMP, SMA Sederajat Se-Kecamatan Dawarblandong untuk angket monitoring dan evaluasi mendapatkan persentase 75,43% dan untuk pengamatan terhadap guru PJOK persentasenya 73,75% yang kemudian di korversi kedalam nilai kategori “tinggi”. Jadi guru PJOK di SMP, SMA Sederajat Se-Kecamatan Dawarblandong Mojokerto untuk tingkat pemahaman terhadap kurikulum 2013 revisi memperoleh kategori “tinggi”

Kata Kunci : Tingkat pemahaman guru PJOK, Kurikulum 2013 revisi.

Abstract

Teachers play an important role in improving the learning quality of learners, and have a broad integrity and creativity. As a teacher in the field of Physical Education, Sport and Health in curriculum of 2013 revision teachers are required to be able to apply the material into integrative Thematic  form, which is a learning model that is directed to character education and integrates learning content with other subjects. Therefore this research is conducted to investigate the level of understanding on the implementation of the revised curriculum in teachers physical 2013 revision in junior and senior high school equivalent Dawarblandong Sub-District of Mojokerto. This research is non-experimental using questionnaire as a data collection tool, which is the Monitoring and Implementation of Curriculum 2013 revision and observations of physical teachers, data analysis in this research use percentage. The results of this study shows that the level of understanding of physical teachers in the implementation of curriculum 2013 revision in junior and senior high school, in Dawarblandong seen from the questionnaire monitoring and evaluation is 75,43% percentage and for observation of physical teachers  percentage is 73,75% which then converted into "high" category values. So the teacher of PJOK in junior and senior high school, equivalent of Dawarblandong Mojokerto gets the level of understanding the curriculum 2013 revision high category.

Keywords: Level of teacher’s understanding , curriculum 2013 revision

Published
2017-07-09
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 29