SURVEI KETERLAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (PJOK) DI SMK NEGERI SE-KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG

  • FAIZAL ADIN FEBRIANTO

Abstract

Abstrak

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum 2013 merupakan program pemerintah sebagai pengganti kurikulum sebelumnya yang digunakan sebagai pedoman pembelajaran di satuan pendidikan. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) adalah bagian dari pendidikan keseluruhan yang mengutamakan aktivitas jasmani dan pembinaan hidup sehat untuk pertumbuhan dan perkembangan jasmani, mental, sosial, dan emosional yang serasi, selaras, dan seimbang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PJOK di SMK Negeri Se-Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan non eksperimen. Responden yang dipilih yaitu kepala sekolah, guru PJOK, siswa, dan komite sekolah. Cara pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan tanya jawab kepada responden dengan merujuk pada kuesioner mengenai kurikulum 2013. Berdasarkan hasil penelitian tentang keterlaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PJOK di SMK Negeri Se-Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung yang dilakukan dengan mengambil responden kepala sekolah, guru PJOK, siswa, dan komite sekolah telah mencapai rata-rata 84,53%, sehingga dapat disimpulkan masuk dalam kategori baik.

Kata Kunci: Kurikulum 2013, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Abstract

The curriculum is a set of plans and arrangements concerning objectives, content, and lesson materials as well as ways used as guidelines for the implementation of learning activities to achieve educational goals. The 2013 curriculum is a government program as a substitute for the previous curriculum used as a learning guide in educational units. Physical Education, Sports, and Health are part of an overall education that prioritizes physical activity and the promotion of healthy living for balanced, harmonious, and balanced physical, mental, social, and emotional growth and development. The purpose of this research is to know the implementation of curriculum 2013 on subjects of Physical Education, Sport, and Health at Vocational High School Country of Boyolangu District of Tulungagung Regency. This research is a survey research with non experimental approach. Selected respondents were principals, teachers of Physical Education, students, and school committees. The way of data collection is done by doing question and answer to the respondent by referring to the questionnaire about the curriculum 2013. Based on the results of research on the implementation of the 2013 curriculum in the subjects of Physical Education, Sport, and Health at Vocational High School Country of Boyolangu Sub-district of Tulungagung Regency conducted by taking principal respondents, Physical Education teachers, students, and school committees has reached an average of 84 , 53%, so it can be summed up into good category.

Keywords: Curriculum 2013, Physical Education, Sport, and Health

Published
2017-07-09
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 64