PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS  BOLAVOLI (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jabon, Kab. Sidoarjo)

  • LULUK NADHIROH

Abstract

Abstrak

Dalam suatu proses pembelajaran merupakan kegiatan yang harus dijalani oleh peserta didik untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. Semakin berkembangnya suatu ilmu pengetahuan sehingga menuntut guru harus berperan kreatif dan inovatif sehingga dimana sebuah tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dengan benar dan tepat. Proses pembelajaran seharusnya diolah dengan sebaik-baik sehingga materi yang diberikan kepada siswa dapat di pahami dengan baik. Seorang pendidik juga perlu mengaplikasikan berbagai pendekatan, metode pembelajaran dan cara-cara yang tepat agar materi pembelajaran dapat dipahami, di manfaatkan serta dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk : Untuk mengetahui adanya pengaruh dan besarnya metode tutor sebaya terhadap hasil belajar siswa pada passing atas Bolavoli di kelas VIII SMP Negeri 1 Jabon Sidoarjo. Jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experiment) dengan melakukan pendekatan kuantitatif. Siswa yang menjadi subyek penelitian sebanyak 38 anak. Pengambilan data dengan cara menggunakan lembar kerja siswa dengan 10 soal objektif dan tes keterampilan passing atas bolavoli. Hasil penelitian ini diperoleh adanya pengaruh yang signifikan terhadap dengan hasil uji t menunjukan nilai pada aspek pengetahuan adalah 13.50 > 2.021 mempunyai nilai yang signifikan r sebesar 0,00 < 0,05 dan aspek ketrampilan 2,998 > 2,021 dan kedua aspek mempunyai nilai yang signifikan r sebesar 0,005 < 0,05 dan hasil belajar siswa pada passing atas bolavoli dapat meningkatkan pada aspek pengetahuan sebesar 72,97%, sedangkan peningkatan pada aspek ketrampilan sebesar 15,33%.

Kata Kunci: Tutor sebaya, passing atas bolavoli

Abstract

In a learning process is an activity that must be undertaken by learners to achieve an educational goal. The development of a science that requires teachers to play a creative and innovative role so that where a learning goal can be delivered correctly and correctly. The learning process should be processed with the best so that the material given to students can be understood well. An educator also needs to apply various approaches, learning methods and ways appropriate for learning materials can be understood, utilized and implemented in everyday life by students. The purpose of this study was to: 1. To investigate the effect and magnitude of peer tutoring methods to student learning outcomes in passing on volleyball in class VIII SMP Negeri 1 Sidoarjo Jabon. Type of quasi-experimental research (quasi-experiment) with a quantitative approach. Students who are the subject of research are 38 children. Collecting data by using the student worksheet with 10 questions objectively and passing skills test on volleyball. The results of this study obtained their significant influence on the results of t test showed the value of the aspect of knowledge is 13:50> 2,021 has a significant value of 0.00 r <0.05 and skills aspects of 2.998> 2.021 and the second aspect has a significant value r equal 0.005 <0.05 and student learning outcomes in passing on volleyball can improve on aspects of knowledge by 72.97%, while the improvement in the skill of 15.33%.

Keywords: peer tutoring, passing on volleyball

Published
2017-07-12
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 54