PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN SEPAKBOLA TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA (Studi Kelas VIII SMP Negeri 1 Porong)

  • SOLEHUDIN AL AYYUBI

Abstract

Abstrak

Modifikasi dalam suatu pembelajaran merupakan salah satu hal penting sebagai sarana agar siswa tidak merasakan kejenuhan. Dengan pembelajaran yang dibuat menyenangkan, dapat diyakini bahwa siswa akan menjadi tertarik dengan pembelajaran yang diberikan oleh guru. Dengan adanya modifikasi permainan sepakbola, setiap guru diharapkan mampu memaksimalkan kekurangan yang ada di sekolahnya sehingga siswa menjadi semakin tertarik dan tidak merasakan kejenuhan di dalam pembelajaran dan modifikasi permainan dalam pendidikan jasmani bisa dijadikan sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan motivasi siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk : Untuk mengetahui adanya pengaruh dan besarnya peningkatan modifikasi permainan sepakbola terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga pada kelas VIII SMP Negeri 1 Porong. Jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuatitatif. Siswa yang menjadi subyek penelitian sebanyak 37 anak. Pengambilan data dengan cara menggunakan angket motivasi (Pre-test) dan tes dribble (Post-test).

Hasil penelitian ini diperoleh adanya pengaruh yang signifikan modifikasi permainan sepakbola terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran penjasorkes siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Porong, terbukti dari hasil perhitungan uji t terdapat nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5,412 > 2,021) dengan taraf signifikansi 0,05 dan peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran penjasorkes siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Porong adalah sebesar 11,45%.

Kata Kunci: Modifikasi, Permaian Sepakbola, Motivasi.

Abstract

Modification in the learning processis one of the important things as a mean to make students do not feel bored. It is believed that fun learning process makes students would be interested in the lesson which is given by the teacher. Through soccer modification games, teacher is expected to optimized the minimum facilities in the school to make the students feel interested and do not feel bored in the learning process and games modification of the physical education subject as a mean to increase the students’ motivation. 

The aim of this research is to find out the effect and the increasing of the student’s motivation through soccer modifications games of VIII grade students of SMP Negeri 1 Porongin physical education.  It was experimental research with quantitative descriptiveapproach. The subject of the study was 37 students. The data of study were gathered through motivation questionnaires (Pre-test) and dribble test (Post-test).

Research finding showed the significant result of increasing motivation through soccer modification games of VIII grade students of SMP Negeri 1 Porong, it was proven from calculation of t-test which had higher t-count than t-table (5.412 > 2.021) with significance level was 0.05 and the result of increasing students’ motivationin learning physical education of VIII grade studentsof SMP Negeri 1 Porong was 11.45%.

Keywords: Modification, Soccer Games , Motivation.

Published
2017-07-16
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 38