PENERAPAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL GERAK PENCAK SILAT SENI BEREGU BAKU IPSI (Studi Pada Siswa Ekstrakurikuler Pencak Silat di SMK PGRI 1 Ponorogo)

  • FRENDI ADI NUGROHO

Abstract

Abstrak

Berdasarkan  pengamatan dan wawancara dengan pelatih ekstrakurikuler pencak silat di SMK PGRI 1 Ponorogo cukup banyak yeng mengikuti ekstrakurikuler  pencak silat, tetapi untuk seni beregu masih kurang yang berminat,  khususnya  diponorogo banyak kejuaraan antar pelajar tapi peminatnya untuk kategori seni beregu sangat sedikit sehingga saya melihat peluang untuk berprestasi lebih besar dikategori seni beregu. Oleh karena itu peneliti menerapkan  media pembelajaran  audio visual diharapkan siswa ekstrakurikuler mampu mempraktikkan seni beregu baku IPSI dengan tepat dan benar. Pencak silat kita kenal dengan wujud dan corak yang beraneka ragam, namun mempunyai aspek-aspek yang sama. Terdapat 4 aspek utama dalam pencak silat,yaitu 1) Aspek Mental Spiritual, 2) Aspek Seni Budaya, 3) Aspek Bela Diri, 4) Aspek Olahraga. Dari keempat aspek tersebut terdapat aspek olahraga dimana didalamnya dituntut untuk berprestasi.Dalam pencak silat prestasi terdapat dua kategori yaitu kategori tanding dan kategori seni. Kategori  seni regu adalah pertandingan pencak silat yang menampilkan tiga orang pesilat dari kubu (tim) yang sama memperagakan kemahiran dalam jurus baku regu, secara benar, tepat, mantap penuh penjiwaan dan kompak dengan tangan kosong. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Oleh sebab itu penelitian ini menggunakan sampel dan form penilaian jurus beregu IPSI. Sampel dari penelitian ini adalah 24 siswa ekstrakurikuler pencak silat di SMK PGRI 1 Ponorogo yang akan dibagi menjadi 8 kelompok dimana satu kelompok terdapat 3 siswa. Penganalisisan data hasil pengisian form penilaian jurus beregu terdapat empat responden dalam penelitian ini yakni 3 wasit juri, dan siswa ekstrakurikuler pencak silat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan audio visual terhadap hasil gerak pencak silat seni beregu baku IPSI pada siswa ekstrakurikuler pencak silat di SMK PGRI 1 Ponorogo tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

Kata Kunci: Audio Visual, Hasil Gerak Seni Beregu.

Abstrak

Based on observations and interviews with the extracurricular coach of Pencak Silat in SMK PGRI 1 Ponorogo,thereare quite a lot who follows Pencak Silat extracurricular, but for the group art still less interested, especially in Ponorogo.There are many Students Championship but still less interested in Group arts, so i saw a big chance for us to have many achievements in group arts category.Because of that,Researchers applied Audio Visual learning media, soextracurricular students can practice the IPSIformal group artawithprecise and correct. As we know,Pencak Silat has many shapes and patterns,but they have similar aspects. There are four main aspects in Pencak Silat, which are 1) Mental Spiritual Aspect, 2) Art and Culture Aspect, 3) Martial Arts Aspect, 4) SportAspect. Between the four aspects there are aspects of sports which is required to excel.In pencak silatthere are two categories,Fighting categoryand art category. The group art category is a martial arts match featuring three folks from the same squad demonstrating the skill in the standard stance of the squad, correctly, precisely, steadily full of inspiration and compact with empty hands. This type of research is descriptive quantitative.Because of that, Thisresearchused sample dan score forms from IPSI team stance.The sample of this research is 24 students of extracurricular pencak silat in SMK PGRI 1 Ponorogo which will be divided into 8 groups which consist of 3 students. The analyzed data resultfrom the group stance score form, there are four respondentthat is 3 referee of jury, and student extracurricularof pencak silat. The result of the research shows that the application of audio visual to the result of motion of IPSI groups martial arts standard on pencak silat extracurricular students in SMK PGRI 1 Ponorogo is there are no significant difference.

Keywords : Audio Visual, Group art moves result.

Published
2017-07-16
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 273