PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET (Studi pada Siswa Kelas XI SMA PGRI 2 Jombang)

  • DONY SURYANTO

Abstract

Abstrak

Ada beberapa teknik permainan bola basket yang harus bisa di kuasai seperti halnya teknik mengoper bola (passing), teknik dasar menggiring (dribbling),dan teknik dasar menembak (shooting). Shooting merupakan suatu teknik dasar terpenting dalam permainan bola basket karena dalam permainan bola basket regu yang memasukan bola terbanyak diakhir pertandingan dinyatakan sebagai pemenang. Oleh karena itu memasukan bola ke ring dianggap penting, dengan demikian setiap pemain harus dilatih atau diajarkan cara memasukan bola ke keranjang sehingga mereka memiliki keberanian untuk melakukanya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas XI SMA PGRI 2 jombang Penelitian ini bersifat eksperimen semu dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PGRI 2 jombang sebanyak 40 siswa. Untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal penulis menggunakan tes keterampilan (skill) shooting bola basket. Dari hasil penelitian pengaruh pemberian reward  terhadap hasil belajar shooting bola basket memiliki rata-rata pretest 6,25 sedangkan hasil rata-rata posttest memiliki rata-rata sebesar 10,25. Dengan standart deviasi pretest sebesar 3,631, dan posttest sebesar 3,812, yang memiliki nilai varians pretest  sebesar 13,187, dan posttest sebesar 14,537. Dengan nilai terendah pretest sebesar 1 dan posttest  sebesar 4. Untuk nilai tertinggi pretest sebesar 16 dan posttest sebesar 19. Dari hasil uji normalitas menyebutkan data hasil pretest sebesar (Kolomogrov-Smiroiv Z = 754). Sedangkan dari data hasil posttest sebesar (Kolomogrof-Smirnov Z = 638). Karena hasil data keduanya lebih besar dari (5%) maka hal ini menunjukan bahwa hasil pretest dan posttest adalah normal. Untuk mengetahui nilai koefisien Paired Sampel t-test (uji beda rata-rata berpasangan). Hasil penelitian mengatakan bahwa analisa Paired Sampel t-test didapatkan : nilai thitung  (7,352) > ttabel (1,685). Dari hasil data yang dikumpulkan didapat dari perhitungan  yaitu sebesar 54,4%. Dengan kata lain bahwa terdapat pengaruh pada pemberian reward terhadap hasil hasil belajar shooting bola basket pada siswa kelas XI IPA 2 SMA PGRI 2 Jombang dengan peningkatan sebesar 54,4%.

Kata Kunci: pemberian reward, hasil belajar, shooting bola basket.

Abstract

There are several techniques basketball game that must be mastered as well as techniques to pass the ball (passing), basic techniques lead (dribbling), and the basic techniques of shooting (shooting). Shooting is one of the most important basic techniques in a basketball game because the game of basketball teams who enter the highest end of the game the ball is declared the winner.Therefore enter the ball into the ring is important, so every player must be trained or taught how to enter the ball into the basket so that they have the courage to do it. The purpose of this study was to determine how much influence the reward system to the learning outcomes shooting basketball in grade students of SMA PGRI 2 jombang xi This study is quasi-experimental research design with one group pretest-posttest design. Samples of this research is class xi SMA PGRI 2 jombang 40 students. To get the maximum learning authors use a test of skills (skills) shooting a basketball. From the research the effect of reward on learning outcomes shooting basketball has average pretest 6.25 whereas the average posttest results had an average of 10.25. With a standard deviation of 3.631 pretest and posttest of 3.812, which has a value of 13.187 variance pretest and posttest at 3.812. With the lowest value of 1 pretest and posttest for 4. For the highest score of 16 pretest and posttest by 19. From the results of the normality test result data pretest mention of (Kolomogrov-Smirniv Z = 754). While the data from posttest results for (Kolomogrof-Smirnov Z = 638). Because the data results are both greater than (5%) then this shows that the pretest and posttest results are normal. To determine the value of the coefficient Paired samples t-test (mean difference test in pairs). Research suggests that the analysis Paired samples t-test is obtained: tcount (7.352)> t table (1.685). Data collected from the results obtained from the calculation of the MD / Mpre X 100%, ie by 54.4%. In other words that there is an influence on the outcome of reward learning outcomes shooting basketball in class XI IPS 2 SMA PGRI 2 Jombang with an increase of 54.4%.

Keywords: reward, learning outcomes, shooting a basketball.

Published
2017-07-16
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 21