PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN JAM PEMBELAJARAN KE 1, 2, DAN 3 DENGAN JAM PEMBELAJARAN KE 6, 7, DAN 8 PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 3 SIDOARJO

  • EKA ANISA NICHMATUS SURIYANTO

Abstract

Abstrak

PJOK merupakan salah satu mata pelajaran yang ada dalam kurikulum satuan pendidikan mulai dari SD, SMP,SMA dengan fokus pembelajaran melalui aktifitas gerak. salah satunya adalah motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru di lapangan. Salah satu unsur yang mendukung motivasi belajar adalah lingkungan. Jam pelajaran adalah waktu yang tertentu lamanya untuk memberikan pelajaran. Jam pembelajaran setiap mata pelajaran berbeda-beda tidak terkecuali PJOK. Di SMPN 3 Sidoarjo ada jam pembelajaran yang waktu pelaksanaan pembelajaran sangat berbeda, yaitu jam pembelajaran ke 1, 2 dan 3 dengan jam pembelajarannya ke 6, 7 dan 8. Waktu inilah yang membuat siswa mengalami perubahan tingkah laku karena cuaca yang sangat berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar pendidikan jasmani , olahraga dan kesehatan siswa pada jam pembelajaran ke 1, 2 dan 3 dengan siswa jam pembelajaran ke 6, 7 dan 8. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan siswa pada jam pembelajaran ke 1, 2 dan 3 dengan siswa pada jam pembelajaran ke 6, 7 dan 8 di SMP Negeri 3 Sidoarjo yang dibuktikan dari hasil uji t hitung 0,373 < nilai t tabel 1,836 dengan taraf signifikan 0,05.

Kata Kunci: jam pembelajaran ke 1, 2 dan 3 denganĀ  jam pembelajaran ke 6, 7 dan 8, motivasi belajar

Abstract

PJOK is one of the subjects in education curriculum in all school graders; elementary school, junior high school and senior high school. The subject focus on the learning through movement. One of them is the motivation of students to follow lessons given by teachers in the field. One that elements that support the learning motivation is the environment.

Period lessons are the time spending for lessons. Every period lessons of PJOK in each graders are different from one to another. In SMPN 3 Sidoarjo thereare so many differences of period lesson. There is 1st, 2st and 3th student period lesson and 4th, 5th and 6th student period lesson. This period making students changing in behaviour because the weather is different.

The purpose of this study was to determine differences of motivation learning in Physical Education, Sport and Health in 1st, 2nd and 3th period lesson students and 6th, 7th and 8th period lessons in SMPN 3 Sidoarjo.

From this resultsĀ  it can be conlcluded that there was no difference in learning motivation of Physical Education, Sport and Health in student period lesson to 1st,2nd and 3th and 6th, 7th and 8th period in SMPN 3 Sidoarjo as evidenced from the result of the t test 0,373< t table 1,836 at 0,05 significance level

Keywords: 1st, 2nd and 3th period lesson with 6th, 7th and 8th period, Learning motivation on physical education, sport and health.

Published
2017-07-19
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 49