PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN PADA SISWA JAM PEMBELAJARAN KE 1 DAN 2 DENGAN JAM KE 11 DAN 12 (Studi Pada Siswa Kelas X SMK PGRI 1 Gesik)

  • FATHUL AMIN FACHRUDIN

Abstract

Abstrak

Di era sekarang, pendidikan merupakan hal mutlak yang harus dipenuhi. Untuk mendapatkan hasil maksimal di dunia pendidikan, perlu perbaikan di bidang terkait. Dalam upaya penyelenggaraan pendidikan dapat diimplementasikan dalam kurikulum yang disiapkan oleh pemerintah dan unit pendidikan yang bersangkutan. Pendidikan jasmani dan olah raga adalah mata pelajaran di sekolah. Dalam kegiatan belajar mengajar, pembelajaran fisik dan interaksi olahraga diperlukan untuk menciptakan pembelajaran yang aktif. Ini tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi. Salah satunya adalah motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran yang diberikan di lapangan oleh guru.

Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan siswa belajar jam 1 dan 2 dengan jam ke 11 dan 12, dan 2. Untuk mengetahui seberapa besar perbedaan motivasi belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan Siswa pada jam 1 dan 2 dengan jam ke 11 dan 12. Sasaran dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 1 Gresik dan jumlah sampel sebanyak 70 siswa. Metode analisis ini menggunakan metode statistik kuantitatif. Sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket adopsi dari Mayasari.

Hasil analisis t hitung hitung adalah nilai t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu 1,115 <3,984 dengan tingkat signifikansi 0,05. Dengan kata lain tidak ada perbedaan motivasi belajar PJOK pada siswa jam pembelajaran ke 1 dan 2 dengan jam 11 dan 12.

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pendidikan Jasmani     

Abstract

In the present era, education is an absolute thing to be fulfilled. To get maximum results in the world of education, need improvement in the related areas. In the effort of implementation of the education can be implemented in curriculum prepared by government and educational unit concerned. Physical education and sports are the subjects in school. In a learning activity teaching physical education and sports interaction is required to create an active learning. This is not independent of the factors that affect. One is the motivation of students to follow the learning given in the field by the teacher.

The purpose of this study is 1. To know the difference motivation learning physical education, sports, and health students learning hours 1 and 2 with hours to 11 and 12, and 2. To find out how much difference motivation learning physical education, sports, and health Students at 1 and 2 hours with the hours to 11 and 12. The target of this study is the students of class X SMK PGRI 1 Gresik and the number of samples of 70 students. This method of analysis uses quantitative statistical methods. While the data retrieval process is done by using the adoption questionnaire from Mayasari.

The result of t test counting analysis is t-count value smaller than t-table that is, 1,115 < 3,984 with level of significance 0,05. In other word that there is no difference of learning motivation of PJOK at student of 1st and 2nd hour learning with hour 11 and 12

Keywords : Learning Motivation, Physical Education

Published
2017-07-20
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 42