PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBLLE BOLABASKET (Studi pada Siswa Kelas XI MAN 1 Pamekasan)

  • NAHDIY TAMMIMI

Abstract

Abstrak

Model pembelajaran demonstrasi merupakan cara penyajian bahan pelajaran dengan memperagakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi, atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik sebenarnya ataupun tiruan, yang disertai penjelasan secara lisan. Dengan model pembelajaran demonstrasi, proses penerimaan siswa terhadap materi pembelajaran akan lebih berkesan secara mendalam, sehingga membentuk pengertian dengan baik dan sempurna. Hal ini karena siswa dapat mengamati dan memperhatikan apa yang diperlihatkan saat proses pelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini untuk : 1. Untuk mengetahui adanya pengaruh dan besarnya peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar dribble bolabaket pada siswa kelas XI  MAN 1 Pamekasan. Jenis penelitian eksperimen semu (quasi-experiment) dengan melakukan pendekatan kuantitatif. Siswa yang menjadi subyek penelitian sebanyak 36 anak. Pengambilan data dengan cara menggunakan tes dribble (Pre-test) dan tes dribble (Post-test) pada permainan bolabasket. Hasil penelitian ini diperoleh adanya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar dribble siswa kelas XI MAN 1 Pamekasan. Hasil uji t menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan dribble bolabasket siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran demonstrasi (thitung 20,028 > t tabel 2,032) dan pembelajaran demonstrasi ternyata memberikan pengaruh peningkatan hasil belajar dribble siswa sebesar 37,12%.

Kata Kunci: Demonstrasi, hasil belajar, Dribble, Bolabasket.

Abstract

The demonstration learning model is a way of presenting lesson material by demonstrating or displaying to students a particular process, situation, or object being studied, whether actual or imitative, accompanied by an oral explanation.With the model of demonstration learning, the process of student acceptance of learning materials will be more memorable in depth, thus forming a good and perfect understanding. This is because students can observe and pay attention to what is shown during the learning process. The purpose of this study is to: 1. To determine the effect and magnitude of the increase in learning outcomes with the model of demonstration learning to dribble the basketball learning outcomes in the students of  the state Islamic senior high school 1 Pamekasan class XI. The type used in this experiment is the quasi-experiment research with quantitative approach. Students who became the subject of this research are as many as 36 children.The data collected by using dribble test (Pre-test) and dribble test (Post-test) on a Basketball game. The result of the test shows that there is a significant difference between the basketball dribbling ability of students before and after the implementation of the demonstration learning model (tcal 20,028> t table 2.032) and the demonstration learning turns out to increase the result of the dribble learning by 37,12%.

Keywords: Demonstration, learning result, Dribble, Basketball.

Published
2017-07-20
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 58