PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR PUKULAN DROP SHORT DALAM PEMBELAJARAN BULUTANGKIS (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ngimbang Lamongan)

  • SETYA HENDRAWAN

Abstract

Abstrak

Penggunaan media teknologi dapat membantu memudahkan guru dalam penyampaian materi pengajaran yang akan di berikan kepada para siswa nantinya. Media sendiri banyak mengandung informasi yang berupa pesan atau model gerakan yang hendak disampaikan kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui adanya perbedaan dari hasil belajar pukulan drop short bulutangkis siswa sebelum dan sesudah mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan penerapan media audio visual (video). Sampel dalam penelititan ini diambil dengan menggunakan cara Claster Random Sampling dimana pengambilan sampelnya dilakukan dengan mengundi seluruh kelas VIII yang ada di SMP Negeri 1 Ngimbang dimana dalam pengundian setiap kelas diwakili oleh ketua kelas masing-masing yang akan mengambil kertas yang bertuliskan sampel dan tidak dan yang mendapatkan kertas yang bertuliskan sampel maka kelas tersebut menjadi sampel peneliti. Penelitian ini merupakan penelititan pra eksperimen dan desain yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design dengan analisis data memakai aplikasi SPSS. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 35 siswa. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kategori kemampuan pukulan drop shot dari tiap sudut.Bedasarkan analisis data diketahui  p value pretest sebesar 0.168 dan  p value posttest sebesar 0.157 dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh dari hasil pretest adalah data normal karena p value lebih besar dari nilai alpha yaitu 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh pada penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar pukulan drop shot pada pembelajaran bulutangkis. Berdasarkan dari perhitungan peningkatan dengan hasil 70.16%maka dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar pukulan drop short pada pembelajaran bulutangkis  dengan pembelajaran menggunakan media Audio Visual.

Kata Kunci: Media Audio Visual, Pukulan drop short bulutangkis

Abstract

The use of media technology can help facilitate teachers in the delivery of teaching materials that will be given to the students later. Media itself contains a lot of information in the form of messages or models of movement to be conveyed to students. The purpose of this research is to know the difference of learning result of blow drop shot badminton students before and after get learning by applying audio visual media (video). The sample in this research is taken by Cluster Random Sampling where the sampling is done by drawing all the class VIII in SMP Negeri 1 Ngimbang where in the drawing each class is represented by the chairman of each class who will take the paper that read sample and not and which Get the paper that read sample then the class become sample of researcher. This research is experimental pre experiment and design used is One Group Pretest-Posttest Design with data analysis using SPSS application. The number of samples used in this study were 35 students. The research instrument used in this research uses the categories of drop short blow ability from every angle.Based on the analysis of data known p value pretest of 0.168 and p value posttest of 0.156 can be concluded that the data obtained from the pretest results was normal data because p value was greater than the alpha value of 0.05. Then Ha was accepted and Ho was rejected. From these results it can be said that there was influence on the use of audio visual media to the learning results of blow drop shot on badminton learning. Based on the calculation of the increase with the result of 70.16% it can be said that there was improvement in learning results of blow drop short on badminton learning by learning using Audio Visual media.

Keywords: Audio Visual Media, Badminton drop short blow

Published
2017-07-22
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 49