EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PJOK MENGGUNAKAN MEDIA BAN PADA MATERI LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Ponorogo)

  • TRI MAHENDRAYANA

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap warga negara. Selain itu pendidikan juga merupakan bagian penting untuk kehidupan manusia karena pendidikan merupakan suatu proses untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dimasa yang akan datang. Materi lompat jauh merupakan salah satu nomor aletik yang diajarkan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidak jelas bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara.kerumitan bahan yang akan disampaikan pada anak didik dapat disederhanakan dengan bantuan media. Dengan demikian, anak didik lebih mencerna bahan dari pada tanpa bantuan media. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seperti apa model pembelajaran efektif yang diterapkan pada pembelajaran lompat jauh? Tujuan penelitian ini ada untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran lompat jauh untuk kelas VII dengan media alat bantu ban yang diukur pada : 1) pengukuran kemampuan lompat jauh 2) pendapat siswa (FCE) 3) lembar observasi (Dikjasor). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 5 Ponorogo. Besar populasi 260 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas VII B sebanyak 26 siswa dengan cara cluster sampling. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) efektifitas pembelajaran PJOK dengan menggunakan media alat bantu ban berdasarkan pendapat siswa (FCE), menunjukkan hasil dengan kategori baik. 2) efektifitas pembelajaran PJOK dengan menggunakan media alat bantu ban berdasarkan hasil pengamatan (observasi) guru dan siswa, menunjukkan hasil dengan kategori baik. 3) efektifitas pembelajaran PJOK berdasarkan penilaian kemampuan lompat jauh dapatĀ  dikatakan bahwa: pembelajaran lompat jauh menggunakan media alat bantu ban memberi peningkatan positif pada siswa sebesar 11,6%. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan lompat jauh siswa sebelum dan sesudah treatment dengan menggunakan media alat bantu ban.

Kata Kunci: efektifitas, media ban, lompat jauh

Abstract

Education is one of the obligations that must be implemented by every citizen. In addition, education is also an important part of human life because education is a process to improve the quality of human resources in the future. The long jump material is one of the alike numbers taught in the learning of Physical Education of Sport and Health (PJOK). In the process of learning to teach the presence of media has a significant meaning. Because in such activities the unclear material presented can be helped by presenting the media as an intermediary. The complexity of materials to be presented to students can be simplified with the help of the media. Thus, the students digest ingredients more than without media help. This study was conducted to find out what kind of effective learning model applied to learning long jump?

The purpose of this research is to know the effectiveness of the distance jump model for class VII with tire tool media as measured at: 1) measurement of long jump ability 2) student opinion (FCE) 3) observation sheet (Dikjasor). This research is experimental research. The population of this research is class VII of SMP Negeri 5 Ponorogo. Large population of 260 students. Samples taken are class VII B as many as 26 students by way of cluster sampling. The results of this study are as follows: 1) the effectiveness of learning PJOK by using the media of tire aids based on student opinions (FCE), showing results with good category. 2) the effectiveness of learning PJOK by using the media of the tire aids based on the observation (observation) of teachers and students, showing results with good category. 3) the effectiveness of PJOK learning based on the assessment of long jump ability can be said that: learning long jump using the tire tool media gives a positive increase in students of 11.6%. So it can be concluded there is a significant difference between the ability of long jump students before and after treatment by using media tire aids.

Keywords: effectiveness, media tire, long jump.

Published
2017-07-22
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 69