KONTRIBUSI KECEPATAN GERAKAN TANGAN DAN GERAKAN  KAKI TERHADAP KECEPATAN RENANG GAYA BEBAS 25 METER (Studi pada Siswa SMP Hang Tua 5 yang mengikuti Ekstrakurikuler Renang)

  • DENI SETYO WICAKSONO

Abstract

Abstrak

Dalam olahraga renang kecepatan dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu dorongan dan hambatan. Dorongan adalah daya yang dapat menyebabkan perenang dapat bergerak maju. Hal ini disebabkan oleh gerakan tangan dan kaki yang dilakukan perenang yang berhasil mendorong air ke belakang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi dorongan tangan dan kaki terhadap kecepatan renang gaya bebas. Untuk mengetahui kontribusi dorongan tangan dan kaki terhadap kecepatan renang gaya bebas, dalam penelitian ini digunakan penghitungan statistik yang berkaitan dengan nilai korelasi antara dorongan tangan dan kaki  dengan kecepatan renang gaya bebas terhadap 16 siswa SMP Hang Tua 5 Candi, Sidoarjo.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) terdapat kontribusi yang signifikan antara kecepatan gerakan tangan terhadap kecepatan renang gaya bebas dengan presentase sebesar 52,27%. 2) terdapat kontribusi yang signifikan antara kecepatan gerakan kaki terhadap kecepatan renang gaya bebas dengan presentase sebesar 45,97%.

Kata Kunci: dorongan tangan, dorongan kaki, kecepatan renang gaya bebas.

Abstract

In swimming, speed is influenced by two factors, namely propulsion and resistance. Propulsion is force that can make the swimmer moving forward. It is caused by arms and legs movement of swimmer who  can pushed the water backward.

The purpuseof this research is to find out the contribution of arms and legs propulsion toward front crawl swimming speed. To find out the contribution of arms and legs propulsion toward front crawl swimming speed, this research used the statistical calculations method related the the value of cerrelation between arms and legs propulsion with front crawl swimming speed toward 16 students students of SMP Hang Tua 5 join the extracurricular swimming.

The result of the research showed that 1) There is significance contribution between arms propulsion with front crawl swimming speed amount 52,27%. 2) There is significance contribution between legs  propulsion with front crawl swimming speed amount 45,97%.

Keywords: arms propulsion, legs propulsion and front crawl swimming speed 25 meter.

Published
2017-07-26
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 843