PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI (Studi pada Siswa Kelas X TKR 1 SMK Al-Basyariyah Pilangkenceng Kabupaten Madiun)

  • MUHAMMAD AJI KURNIAWAN

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada studi siswa kelas X SMK Al-Basyariyah Pilangkenceng Kabupaten Madiun dalam mengikuti mata pelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan desain yang digunakan adalah One  Group Pre-test – Post-test Design, dimana yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Al-Basyariyah Pilangkenceng Kabupaten Madiun.

Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa nilai mean pretest pada aspek kognitif sebesar 65,14 menjadi sebesar 68,29 saat posttest, meningkat sebesar 4,8%. Pada aspek afektif, nilai mean pretest sebesar 61,89 menjadi 69,34 saat posttest, meningkat sebesar 12,0%. Sedangkan pada aspek psikomotor, nilai mean pretest sebesar 51,71 menjadi 60,00 saat posttest, meningkat sebesar 16,0%. Berdasarkan nilai tigas aspek tersebut, dapat dihitung mean nilai akhir pretest sebesar 57,80 menjadi 64,69 saat posttest, meningkat sebesar 11,9%. Peningkatan tersebut dinyatakan signifikan dengan dibuktikan hasil hitung t-test dependent yaitu t-hitung sebesar 3,755 dengan nilai p-value sebesar 0,000 < 0,05.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, kooperatif, STAD, Passing bawah bolavoli, dan hasil belajar siswa.

Abstract

The purpose of this study is to find out how big the application of STAD learning model (Student Teams Achievement Division) to the learning outcomes underhand pass on the study of students of class X SMK Al-Basyariyah Pilangkenceng Madiun in following the subjects of PJOK. This research is a quasi experimental research and the design used is One Group Pre-test - Post-test Design, where the sample in this research is the students of class X SMK Al-Basyariyah Pilangkenceng Madiun

Based on the results of the research (Pre-test) yields the number as the lowest score on the cognitive aspect 30, the highest score 90 mean 65.14, the standard deviation of 13.14, the variant 172.77. On the affective aspect the lowest score is 40, the highest score is 87, mean 61.89, the standard deviation of 11.33, the variant is 128.57. On the psychomotor aspect the lowest score of 10, the highest score 100, the mean 51.71, standard deviation 26.29, variant 691.09. Pre-test Score End of lowest 33 highest score 91 mean 57,80, standard deviation 14,13, variant 199,87. Lowest score on cognitive aspect 30, highest score 90, mean 68,29, standard deviation 15,04, variant 226,38 . On the affective aspect the lowest score of 47, the highest score 87, mean 69.34, standard deviation 9.59, variant 92.05. On the psychomotor aspect the lowest score of 10, the highest score 100, mean 60, standard deviation 26.56, variant 705.88. Post-test Score Final score lowest 31, highest score 91, mean 64,69, standard deviation 14,36, variant 206,28.
Thus the students of class X TKR 1 SMK Al-Basyariyah Pilangkenceng Madiun experienced increased learning passing under the volleyball where the percentage increase for the results of learning passing under volleyball of 11.9%.

Keywords: Learning model, cooperative, STAD, underhand pass volleyball, and student learning outcomes

Published
2017-07-26
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 28