HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN  KEBUGARAN JASMANI SISWA (Studi Pada Siswa Kelas XII SMA MUHAMMADIYAH 4 Porong)

  • VERRY KRISTIAN ANANTA, A.Ma.

Abstract

Abstrak

Tujuan dari pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi dan sumber daya peserta didik untuk mencapai masyarakat unggul baik secara watak dan ilmu khususnya di SMA, salah satunya melalui mapel pendidikan jasmani yang membimbing setiap siswa untuk memiliki kebugaran jasmani yang lebih baik. Namun demikian kebugaran jasmani yang baik juga perlu didukung oleh asupan gizi yang berkualitas. Karena gizi merupakan faktor vital dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia, terutama anak sekolah untuk menghasilkan energi, berpikir beraktifitas fisik dan daya tahan tubuh dalam menempuh proses belajar dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan yang hendak dicapai oleh peneliti adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara status gizi dengan tingkat kebugaran jasmani siswa, dan berapa besarnya sumbangan status gizi terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa kelas XII di SMA MUHAMMADIYAH 4 Porong dengan jumlah populasi 41 siswa. Desain dalam penelitian ini merupakan desain penelitian non-eksperimen dengan teknik analisis statistik uji korelasi gamma.

Dari hasil pengujian untuk ada atau tidak adanya hubungan antara status gizi dengan kebugaran jasmani menunjukkan hasil yang memenuhi syarat penerimaan H0, karena nilai signifikansi sebesar 0,607 lebih besar dari pada taraf nyata 0,05 dan hasil koefisein gamma sebesar -0,176 yang berarti terdapat hubungan yang negatif antara status gizi dengan kebugaran jasmani dan hubungan yang ada relatif kecil yaitu  hanya 17,6%, sedangkan sisanya 82,4% kebugaran jasmani dipengaruhi faktor lain.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel bebas yaitu status gizi tidak memiliki  hubungan yang signifikan dengan variabel terikat yaitu kebugaran jasmani siswa pada kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Porong Kabupaten Sidoarjo.

Kata Kunci: Status Gizi, Kebugaran Jasmani, Siswa

Abstract

The purpose of national education is to develop the potential and resources of learners to achieve superior community both in character and science especially in high school, one of them through a physical education mapel that guides each student to have better physical fitness. However, good physical fitness also needs to be supported by a qualified nutritional intake. Because nutrition is a vital factor in the growth and development of humans, especially school children to generate energy, thinking physical activity and endurance in the learning process in everyday life.

Objectives to be achieved by researchers is to know the corelationship between nutritional status with the level of physical fitness of students, and how much the contribution of nutritional status to the level of physical fitness of grade XII students in SMA MUHAMMADIYAH 4 Porong with a population of 41 students. The design in this study is a non-experimental research design with statistical analysis techniques of gamma correlation test.

From the test results for the presence or absence of corelationship between nutritional status with physical fitness showed results that qualify the acceptance of H0, because the significance value of 0.607 greater than the real level of 0.05 and the result of gamma coefisein of -0.176 which means there is a negative corelationship Between nutritional status with physical fitness and relation that there is relatively small that only 17,6%, while the rest 82,4% physical fitness influenced by other factor.

So it can be concluded that the independent variables are nutritional status does not have a significant corelationship with the dependent variable of physical fitness of students in class XII SMA Muhammadiyah 4 Porong Sidoarjo.

Keywords: Nutrition Status, Physical Fitness, Student

Published
2017-07-28
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 27