PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN LANGSUNG BASKET MINI TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET (Studi Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Satu Atap Lesanpuro 2 Malang)

  • AKHMAD RESI WARDANA

Abstract

Abstrak

Tujuan dari pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk mencapai masyarakat unggul secara watak dan ilmu. Dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan untuk mengembangkan potensi dalam bidang olahraga perlu memperhatikan kemampuan dan bakat peserta didik secara menyeluruh,dalam pelaksanaan permainan bola basket oleh siswa sekolah dasar tentu akan mengalami kesulitan sehubungan dengan kemampuan serta tingkat usia. Banyaknya aturan dan belum sesuai untuk melakukan bola basket dengan ukuran yang standart dan pemberian materi pembelajaran juga disesuaikan dengan usia, pertumbuhan, perkembangan siswa. Sehingga akan lebih baik diberikan materi bola basket mini karena permainan ini memang untuk anak usia sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan basket mini melalui pembelajaran langsung terhadap tingkat keberhasilan dribble bola basket dan seberapa besar pengaruh penerapan basket mini melalui pembelajaran langsung terhadap tingkat keberhasilan dribble bola basket. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Satu Atap Lesanpuro 2 Malang dengan jumlah populasi 26 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-postest design. Berdasarkan hasil pada penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dribble bola basket pada siswa kelas V SD Negeri Satu Atap Lesanpuro 2 Malang hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa hitung > t tabel (5,020>2,060).

Kata Kunci : Basket Mini, Hasil Belajar, Dribble 

Abstract

The purpose of national education is to develop the potential of learners to achive superior society in nature and science. In physical education, sports and healthto develop the potential in the field of sports need to consider the abilities and talents of learners as a whole, in the implementation of the game of basketball by elementary school students would experience difficulties with respect and age levels. Many rules and not according to the standard size basketball and the provision of learning materials are also adjusted for age, growth and development of students. So it would be better given material mini basketball because this game is for elementary school-age children. The purpose of this study was to determine the effect of the aplication is there any mini basketball through direct learning to dribble success rate basketball and how much influence the implementation of the mini basketball through direct learning to dribble success rate basketball. This research target is the Public School fifth grade student of One Roof Lesanpuro 2 Malang with a total population of 26 student. Kind of research is experimental research using the design study one group pretest-posttest design. Based on the result of the study concluded that there is a learning outcome dribble a basketball in the fifth grade Public School student One Roof Lesanpuro 2 Malang, this can be proved from the calculation of the t-test showed that the count > t-table (5,020>2,060).

Keywords : Mini Basketball, Learning Outcomes, Dribble

Published
2017-08-06
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 100