PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGIRING SEPAK BOLA (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lamongan)

  • ANJAR WAHYU PURBOSETYO

Abstract

Abstrak

Sesuai observasi dan wawancara di SMP Negeri 1 Lamongan kurangnya aspek kerjasama, pengetahuan dan keterampilan tentang teknik menggiring sepak bola dalam sebuah tim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar menggiring sepak bola. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen murni (true experiment) dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Dalam desain ini terdapat kelompok kontrol, adanya perlakuan, subjek ditempatkan secara acak dan adanya pre-test dan post-test untuk efektivitas perlakuan yang diberikan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lamongan dengan jumlah total 382 siswa. sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VII G yang berjumlah 35 siswa. Cara memperoleh data dengan cara melakukan pre-test, perlakuan dan post-test yang dilakukan 4 kali pertemuan. Berdasarkan perhitungan SPSS Statistic 22 test dengan ketentuan penguji jika nilai signifikansi dari nilai hitung, thitung lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan jika nilai signifikansi dari nilai thitung < ttabel dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dari hasil tersebut diperoleh nilai thitung > ttabel (4,805 > 2,034) dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05, maka sesuai dasar pengambilan keputusan dalam Uji T-Test Sampel Berbeda, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya ada pengaruh yang signifikan dari hasil tes setelah pemberian treatment dengan nilai presentase sebesar 52,47%. Sedangkan pada kelompok kontrol memiliki nilai presentase sebesar 33,31%. Jika dibandingkan keduanya memiliki selisih nilai presentase sebesar 19,16%. Jadi, kelompok eksperimen dengan treatment Student Teams Achivement Division (STAD) pengaruh presentase lebih besar daripada kelompok kontrol pada siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Lamongan.

Kata Kunci : Kooperatif, Student Teams Achivement Division (STAD), Belajar, Menggiring

Abstract

Based on the observation and interview, SMP N 1 Lamongan has less aspect in cooperation, skill, and ability about dribble technic in a team. The aim of this research is to know whether there is influence from applying Student Teams Achievement Division model (STAD) towards the result of learning dribble in playing football. This study uses true experiment of quantitative research. The design of this research is Randomized Control Group Pre-test and Post-test Design. In this design, there is a control group which is given treatment. The subjects are taken randomly and also there are pre-test and post-test for the effectiveness treatment. The research population include all seventh graders of SMP N 1 Lamongan that are about 382 students. While the sample of this study are 35 students from seventh grade of G class.

The researcher collects the data by giving treatment, pre-test, and also post-test along fourth meetings. Based on the SPSS Statistic 22 test with the requirement from examiner, if the significant score of tcount is more than ttable with the significant level 5% or 0.05, it can be seen that Ha is accepted and Ho is rejected. While if the significant score of tcount is less than ttable with the significant level 5% or 0.05, so Ho is accepted and Ha is rejected. Based on this result, it is obtained that the score of tcount >ttable (4.805>2.034) with the significant level 5% or 0.05. Based on the decision that is taken from t-test with different sample, it can be concluded that Ha is accepted and Ho is rejected. It means there is significant influence from the result of the test by giving treatment for the experimental group. Its percentage is about 52.47%. While the control group is about 33.31%. If the both group are compared, they have different percentage around 19.16%. Thus, the experimental group that is given treatment of Student Teams Achievement Division (STAD) has bigger influence instead of control group of the seventh graders of G class in SMP N 1 Lamongan.

Keywords: Cooperative, Student Teams Achivement Division (STAD), Learning, Dribble

Published
2017-08-06
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 27