PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN SEPAK BOLA TERHADAP MINAT SISWA PUTRI DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jombang)

  • KEMAL ABHISEKA

Abstract

Abstrak

Kegitan belajar mengajar khususnya dalam permainan sepak bola yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 1 Jombang di halaman Alun – alun Jombang, siswa putra terlihat lebih dominan dan antusias ketika praktik pembelajaran sepak bola, sedangkan ada beberapa siswa putri yang kurang aktif dan tidak memperhatikan sepenuhnya materi yang disampaikan oleh guru. Hal tersebut tidak sesuai karena terjadi di dalam waktu pembelajaran PJOK yang seharusnya seluruh siswa aktif bergerak dan fokus pada materi sepak bola. Di samping itu siswa putri juga takut ketika menerima bola yang cepat dan keras. Dalam materi sepak bola masih menggunakan permainan sepak bola pada umumnya yang membuat siswa putri kurang tertarik pada materi sepak bola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan modifikasi permainan sepak bola terhadap minat siswa putri dalam pembelajaran sepak bola (studi pada kelas XI SMA Negeri 1 Jombang). Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen semu dengan menggunakan one group pretest and posttest design. Populasi penelitian yaitu kelas XI SMA Negeri 1 Jombang yang memiliki 9 kelas yaitu 5 kelas IPS dan 4 kelas IPA dengan jumlah 290 siswa. Sampel didapatkan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswi kelas XI IPA-2 dan XI IPS-3 di SMA Negeri 1 Jombang sebanyak 35 siswi dengan jumlah 18 siswi XI IPA-2 dan 17  siswi IPS-3. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengisian angket minat siswa yang terdiri dari 19 pertanyaan yang diadopsi dari peneliti sebelumnya yaitu Arvan Yahya Sulthoni. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Science) dapat diketahui bahwa nilai rata-rata pre test angket minat siswa adalah 65,60%. Sedangkan untuk nilai rata-rata post test angket minat siswa sebesar 69,83%. Berdasarkan hasil data penelitian penerapan modifikasi permainan sepak bola terhadap minat siswa putri dalam pembelajaran sepak bola SMA Negeri 1 Jombang dapat diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 6,45%.

Kata kunci: Modifikasi, permainan, sepak bola, dan minat siswa putri dalam pembelajaran sepak bola.

Abstract

Learning activities especially in teaching football games which is done by State Senior High School 1 Jombang students in Jombang Square, the male students are more dominant and enthusiastic when practiced football, while the female students are less active and didn’t pay attention to the teacher when learning activities are in progress. These problems aren’t appropriate because it happens in learning physical of education activities which all of the students should be more active and focus in football subjects. In the other hand the female students are afraid when they accepted the ball which is too fast and hard. In general studies the teacher usually uses a common football subject which is made female students less interest in learning football. The purpose of this research is to know how much the influence when applied the modification football games to increase female students’ interest in football learning activity (a study for students grade XI in State Senior High School 1 Jombang). This research include in experimental research and used one group pre test and post test design, the researcher take the sample with gather all of the students in class XI IPA and IPS to do lottery, where the sample of this research all student in class XI IPA-2 and XI IPS-3 in State Senior High School 1 Jombang for about 35 students which is 18 female students from XI IPA-2 and 17 female students from XI IPS-3. The instrument which is used in this research is filling the questionnaire about students’ interest which contain of 19 questions taken from Arvan Yahya Sulthoni’s previous research. The result and calculation from this research used SPSS (Statistical Package for the Social Science) it knows that the average of pre test questionnaire is 65,60%. Otherwise the average of post test questionnaire is 69,83%. According to the result of this research, an application of modification football games to increase female students’ interest in football learning activity is increase 6,45%.

Keywords : modification, games, football, and female students’ interest in learning activities.

Published
2017-08-06
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 45